Penulis / NIM
NURAIN DJAFAR / 705521003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Abstrak
NURAIN DJAFAR. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Model Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kreatif dan Ketrampilan Proses Sains.. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing (1) Dr. Jusna Ahmad, MSi (II) Dr. Masra Latjompoh,M.Pd Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEM unntuk meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif dan ketrampilan proses sains yang memiliki kriteria valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian adalah RPP, LKPD dan Instrumen Tes.Hasil penelitian menunjukan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP, LKPD dan Instument Tes memenuhi kriteria valid dan sangat valid. Aspek kepraktisan keterlaksanaan kegiatan guru dalam proses pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik, penilaian aktivitas peserta didik uji coba skala terbatas dan uji skala luas masuk pada kriteria praktis dan sangat praktis. Aspek keefektifan berdasarkan angket respon peserta didik berada pada kategori sangat baik dan penilaian hasil belajar peserta didik menunjukan adanya perubahan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tes ketrampilan berpikir kreatif uji coba lapangan terbatas pada hasil pretest peserta didik tes ketrampilan berpikir kreatif sesuai dengan indicator berpikir kreatif ketrampilan berpikir lancer (Fluency) 42,5%, ketrampilan berpikir luwes (flexibility) 37,9%, ketrampilan berpikir keaslian (Originality) 41,6%, ketrampilan merinci (Elabority) 29,6%. Sedangkan pada post test peserta didik sesuai dengan indikator ketrampilan berpikir lancer (Fluency) 94%, kerampilan berpikir luwes (Flexibility) 60%, ketrampilan berpikir keaslian (Originality) 80% dan ketrampilan berpikir merinci (Elabority) 74,04%. Penilaian ketrampilan proses sains menunjukkan bahwa rata-rata tes ketrampilan proses sains pada Indikator merencanakan percobaan 91%, membuat hipotesis 68%, mengelompokkan 93%, mengamati (observasi) 92%, menafsirkan data (interpretasi) 68%, menerapkan konsep 75%, dan mengkomunikasikan 86%. Pada uji coba lapangan luas Indikator merencanakan percobaan 92%, membuat hipotesis 72 %, mengelompokkan 94%, mengamati (observasi) 92,5%, menafsirkan data (interpretasi) 63,5%, menerapkan konsep 70%, dan mengkomunikasikan 77%.
Download berkas