Penulis / NIM
RAHMAH SALEH / 705521004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DJUNA LAMONDO, M.Si / 0018086407
Abstrak
RAHMAH SALEH. 2022. Pengembangan Perangkat Assessment Autentik Berbasis Kinerja Pada Materi Penanganan Limbah Ternak Ruminansia Untuk Menunjang Keterampilan Peserta Didik. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing (1) Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd (II) Dr. Djuna Lamondo, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat assessment autentik berbasis kinerja pada materi penanganan limbah ternak ruminansia yang memiliki kriteria valid, praktis dan efektif untuk menunjang keterampilan peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dilakukan pada uji perangkat assessment autentik. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan perangkat assessment autentik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan penilaian aspek kevalidan Instrument Self Assessment sebesar 96,67% dan Instrument Peer Assessment sebesar 95,83% memenuhi criteria sangat valid. Aspek kepraktisan melalui keterlaksanaan kegiatan guru dalam proses pembelajaran dengan rata-rata hasil penilaian>80 % memenuhi criteria sangat baik, penilaian aktivitas peserta didik dengan rata-rata hasil penilaian>80 % masuk pada criteria sangat praktis. Aspek keefektifan berdasarkan angket respon peserta didik dengan rata-rata hasil penilaian 89-90 % berada pada kategori sangat baik. Hasil penilaian kinerja peserta didik dalam instrument self assessment dan peer assessment dengan nilai rata-rata pada uji skala terbatas berada pada kategori kompeten dan pada uji skala luas berada pada kategori sangat kompeten. Hasil keterampilan peserta didik dalam penilaian self assessment dengan nilai rata-rata pada uji skala terbatas dan uji skala luas berada pada kategori sangat kompeten. Penilaian peer assessment dengan nilai rata-rata pada uji skala terbatas berada pada kategori kompeten, pada uji skala luas berada pada kategori sangat kompeten. Berdasarkan hasil penelitian, perangkat assessment autentik berbasis kinerja pada materi penanganan limbah ternak ruminansia memiliki criteria valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk menunjang keterampilan peserta didik.
Kata Kunci: Asessmen Autentik, Limbah Ternak Ruminansia, Keterampilan
Download berkas