SKRIPSI

Penulis / NIM
SILVIA ANITA MARAMIS / 705521005
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MARGARETHA SOLANG, M.Si. / 0015036808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Abstrak
ABSTRAK Maramis Silvia. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Kesadaran Menjaga Organ Pernapasan. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Biologi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Margaretha Solang, M.Si., (II) Dr. Masra Latjompoh, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing yang memiliki kriteria valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kesadaran menjaga kesehatan organ pernapasan peserta didik. Peneliatan ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan rancangan uji coba One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian adalah RPP, LKPD dan Instrumen Tes Berpikir Kritis. Hasil penelitian menunjukan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP, LKPD dan Instument Tes memenuhi kriteria sangat valid. Aspek kepraktisan keterlaksanaan kegiatan guru dalam proses pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik, penilaian kegiatan peserta didik uji coba skala terbatas dan uji skala luas masuk pada kriteria sangat praktis. Aspek keefektifan berdasarkan penilaian tes berpikir kritis peserta didik menunjukan adanya perubahan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kemampuan berpikir kritis uji coba skala terbatas pada hasil pretest peserta didik tes kemampuan berfikir kritis pada uji coba skala terbatas melalui analisis nilai posttest peserta didik mengalami perubahan peningkatan mencapai 61, 11%, dan persentase yang menjawab Ã���Ã..."YaÃ���Ã� pada angket kesadaran menjaga kesehatan organ pernapasan yaitu 87,45%. Data uji coba skala luas menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 63,34%, dan kesadaran menjaga kesehatan organ pernapasan ada pada persentase 87,64%. Berdasarkan hasil penelitian, perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesadaran menjaga kesehatan organ pernapasan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Berpikir kritis
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011