Penulis / NIM
MULYADI MARUNI / 705521007
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Abstrak
Mulyadi Maruni. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Keterpaduan Tipe Connected Berorientasi Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Menunjukkan Kemampuan Berpikir Peserta Didik. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Biologi. Pembimbing: (I) Dr. Masra Latjompoh, M.Pd., (II) Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model keterpaduan tipe connected berorientasi studi kasus yang memiliki kriteria valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk menunjukkan kemampuan berpikir peserta didik. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan Research & Development dengan rancangan uji coba One-Group Pretest-Posttest Design.
Hasil penelitian menunjukan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP, LKPD, dan THB memenuhi kriteria valid dan sangat valid. Aspek kepraktisan keterlaksanaan RPP memenuhi kriteria sangat baik, penilaian aktivitas peserta didik masuk pada kriteria praktis dan sangat praktis. Aspek keefektifan berdasarkan angket respon peserta didik berada pada kategori sangat baik dan penilaian hasil belajar peserta didik menunjukan adanya perubahan kemampuan berpikir peserta didik. Kemampuan berpikir pada uji coba skala terbatas melalui analisis nilai posttest peserta didik mengalami perubahan mencapai kategori prestructural 4,3 % ; unistructural 37,2 % ; multistructural 42,8 % ; sedangkan untuk relational 14,3 %, dan extended abstract sebesar 1,4 %. Data hasil uji coba skala luas menunjukkan juga peningkatan level berpikir peserta didik melalui analisis nilai posttest peserta didik mengalami perubahan mencapai kategori prestructural sebesar 10 % ; unistructural 47,5 % ; multistructural 35,8 % ; relational sebesar 6,7 %, sedangkan pada kategori extended abstract peserta didik tidak mencapai level berpikir tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, perangkat pembelajaran model keterpaduan tipe connected berorientasi studi kasus pada materi pencemaran lingkungan untuk menunjukkan kemampuan berpikir peserta didik valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, model keterpaduan, connected, studi kasus, kemampuan berpikir
Download berkas