Penulis / NIM
RIDWAN ABD. THOLIB ZAIN / 705521008
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MARINI SUSANTI HAMIDUN, S.Si, M.Si / 0004057006
Abstrak
Ridwan Abd Tholib Zain, 2021. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan Project Based Learning (PjBL) Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. (Suatu penelitian dikelas X Mia SMA Negeri 1 Tabukan Utara, Sangihe) dibawah bimbingan Prof.Dr. Ramli Utina, M.Pd dan Dr. Marini S. Hamidun, S.Si, M.Si Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran menggunakan model project based learning pada mata pelajaran Biologi materi pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Tabukan Utara Sangihe, (2) Mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran menggunakan model project based learning pada mata pelajaran Biologi materi pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Tabukan Utara Sangihe, (3) Mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran menggunakan model project based learning pada mata pelajaran Biologi materi pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Tabukan Utara Sangihe. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4D (define, design, development dan Disseminate). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelasX dengan jumlah siswa pada uji coba pertama sebanyak 15s iswa dan uji coba kedua sebanyak 60 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui validasi terhadap RPP, E-LKPD, dan Tes, serta kemenarikan terhadap model oleh guru dan siswa. Selain itu diperoleh data pretest dan posttest, keterampilan dan literasi lingkungan siswa.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan project based learning (PjBL) pada mata pelajaran Biologi materi perubahan lingkungan sudah memenuhi kualitas sangat layak. Perangkat pembelajaran menggunakan project based learning (PjBL) pada mata pelajaran Biologi materi perubahan lingkungan dikatakan efektif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan literasi lingkungan peserta didik.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL)
Download berkas