Penulis / NIM
SUWARNI KARIM / 705521009
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. CHAIRUNNISAH JL, M.Si / 0021116603
Abstrak
Suwarni Karim.2022, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Biologi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Novri Y. Kandowangko,M.P, (II) Dr. Chairunnisa Lamangantjo, M.Si.
Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Etno-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Tilango Kabupaten Gorontalo.
Pada penelitian pengembangan dilakukan uji coba perangkat pembelajaran pada subjek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Tilango baik uji coba terbatas maupun uji coba skala luas dengan desain one group pre-tes post-test. Teknik pengumpulan data melalui angket dan instrumen tes .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian terhadap perangkat pembelajaran berbasis Etno-STEM yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) diperoleh skor 89,2% berada pada kategori sangat valid, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diperoleh skor 86,4% berada pada kategori sangat valid dan instrumen tes berpikir kreatif diperoleh skor 83,3% dengan kategori sangat valid. Hasil pengamatan observer pada kegiatan guru dan peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran sebagai implementasi dari penggunaan perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat baik dan tes berpikir kreatif peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba luas di tunjukkan dengan nilai N-Gain rata-rata pada kisaran 0,3
Download berkas