SKRIPSI

Penulis / NIM
LUKMAN SAMATOWA / 706516003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Abstrak
ABSTRAK Pembelajaran Fisika di SMA bertujuan untuk memberikan bekal ilmu kepada siswa, pemahaman, serta menumbuhkan kemampuan berpikir yang berguna untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Fisika membutuhkan bahan ajar berupa modul pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa pada Fisika itu sendiri, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar serta motivasi belajar pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran Fisika berbasis Learning Cycle (5E) pada konsep Gaya di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen validasi modul, angket respon siswa, dan soal tes untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan nilai skala lima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memperoleh respon yang sangat baik dari para siswa, yaitu 86,90% dengan kriteria sangat positif. Validasi modul pembelajaran oleh ahli pun memberikan hasil bahwa modul pembelajaran tersebut valid dan layak untuk digunakan dengan skor hasil validasi sebesar 90%. ABSTRACT Learning Physics in SMA aims to provide students with knowledge, understanding, and foster thinking skills that are useful for solving problems in everyday life. Learning Physics requires teaching materials in the form of learning modules that can increase students' interest in physics itself, so that it can improve learning outcomes and learning motivation in students. The purpose of this study was to develop a learning module based on the Learning Cycle (5E) on the concept of style in class X SMA. This research is a development research by adopting a 4-D development model, namely define, design, develop, and disseminate. The data collection instruments used were module validation instruments, student response questionnaires, and test questions to determine the increase in student learning achievement. Data analysis was performed using a scale value of five. The results showed that the learning module developed received a very good response from the students, namely 86.90% with very positive criteria. The validation of the learning module by experts also gives the result that the learning module is valid and suitable for use with a validation result score of 90%.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011