Penulis / NIM
MARYAM HASAN / 706518002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
Maryam Hasan. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Konsep Cahaya di MTs Terpadu Al Ishlah Gorontalo. Program Studi Magister Pendidikan Fisika. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis blended learning berbantuan media sosial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika pada konsep cahaya. Kualitas perangkat pembelajaran yang didasarkan pada validitas, kepraktisan dan keefektifan. Pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan didesain dengan menggunakan Research and Development (R & D) atau desain penelitian dan pengembangan yang menggunakan One Group Pretest ���" Posttest Design. Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, bahan ajar, LKPD dan tes kemampuan pemecahan masalah. Perangkat yang dihasilkan dikatakan valid oleh para ahli dan diuji cobakan kepada 25 peserta didik. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik selama dilakukan tiga kali pertemuan. Hal ini dapat lihat dari perbandingan perolehan nilai yang didapat pada pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan N-Gain yaitu sebesar 0,77 dengan interpretasi tinggi, dan untuk rata-rata keterlaksanaan pembelajaran selama tiga kali pertemuan sebesar 94,73% dengan interpretasi sangat tinggi, serta respon peserta didik terhadap pembelajaran blended learning mendapat respon positif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran blended learning berbantuan media sosial valid, praktis dan efektif efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika pada konsep cahaya di MTs Terpadu Al Ishlah Gorontalo, sehingga menjadi salah satu alternatif model pembelajaran.
Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, blended learning, media sosial, pemecahan masalah.
ABSTRACT
Maryam Hasan. 2020. Development of Social Media Assisted Blended Learning Learning Tools to Improve Students' Problem Solving Ability on the Concept of Light in the State Islamic Middle School (MTs Terpadu) Al Ishlah of Gorontalo City. Study Program of Magister of Physics Education. The Principle Supervisor is Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si and the Co-Supervisor is Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd.
The purpose of this research is to produce learning tools based on blended learning assisted by social media to improve the ability to solve physics problems in the concept of light. The quality of learning tools based on validity, practicality and effectiveness. The development of learning tools developed is designed using Research and Development (R & D) or research and development designs that use One Group Pretest - Posttest Design. The development model used is the ADDIE development model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. Learning tools developed in the form of syllabus, lesson plans, teaching materials, student worksheet and problem solving ability tests. The resulting device was said to be valid by experts and was tested on 25 students. The results of the research and analysis showed an increase in students' problem-solving abilities during three meetings. This can be seen from the comparison of the value obtained in the pre-test and post-test which is analyzed using N-Gain which is equal to 0.77 with high interpretation, and for the average learning implementation during three meetings is 94.73% with interpretation is very high, and students' responses to blended learning get a positive response. Based on the results of research and analysis, it can be concluded that the blended learning tool assisted by social media is valid, practical and effective effectively to improve the ability to solve physics problems on the concept of light at MTs Terpadu Al Ishlah Gorontalo, so it becomes an alternative learning model.
Keywords: Learning tools, blended learning, social media, problem management.
Download berkas