SKRIPSI

Penulis / NIM
TRIMAN / 706518003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
Triman. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Edmodo Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pada Materi Listrik Statis Di SMK. Program Studi Magister Pendidikan Fisika. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat mereduksi miskonsepsi pada materi listrik statis di SMK Bina Taruna Gorontalo. Kualitas perangkat pembelajaran yang dilakukan didasakan pada validitas, kepraktisan dan keefektifan. Pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan didesain dengan menggunakan Research and Development (R & D) atau desain penelitian dan pengembangan yang menggunakan One Group Pretest -Posttest Design. Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, Lembar kerja peserta didik dan tes miskonsepsi. Tes miskonsepsi yang dikembangkan menggunakan CRI (Certainty of Response Index) dan Tree Tier Test. Perangkat yang dikembangkan dikatakan valid oleh para ahli dan diuji cobakan kepada 20 peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan perangkat pembelajaran tersebut didasarkan dengan nilai rata-rata pada keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai nilai 98.48 % dengan kategori sangat baik. Selain itu kepraktisan didasarkan pada respon peserta didik terhadap penggunaan media Edmodo yang mendapatkan respon positif. Sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran didasarkan pada hasil Pretest dan Posttest soal miskonsepsi yang diperoleh. Berdasarkan hasil Pretest dan Posttest dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dapat mereduksi miskonsepsi yang dibuktikan dengan menurunya persentasi miskonsepsi pada saat posttest. Sehingga berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis edmodo memiliki kualitas valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Edmodo, tes miskonsepsi, CRI, dan Tree Tier Test. Triman. 2020. Developing Edmodo-based learning media to reduce misconception in static electricity material in vocation high school. Master of Physich Education. The principal supervisor is Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si and the co supervisor is Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd. The Study aims to provide a preeminent Edmodo-based learning media to reduce misconception in static electricity ini Bina Taruna Vocational High School in Gorontalo. The quality of learning media used is based on validity, practicality, and effectiveness. The learning media used is developed and designed by using research and development (R&D) where the development takes one group pretest-podttest design. The development model used is ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation and evaluation). Learning media that is being improved in this study are syllabus, lesson plan, teaching marerial, worksheet, and misconception test. Misconception test is developed by used is CRI (Certainty Of Response Index) and Tree Tier Test. Learning media that developed is valid based on experst and trial experiment in 20 student. The result show that learning media that is developed is practical and effective. The practical aspect of this learning media is based on mean scores of teaching learning process that reach 98.48%. besides, practical aspect lies in students positive response toword Edmodo media. Meanwhile, the effectiveness of learning media is based on protest and posttest result regarding misconception. Based on pretest and posttest result, it concludes that learning media can reduce misconception provide by the decreasing of percentage of misconception during posttest. Hence, Edmodo-based learning media is valid practical, and effective to be used. Keyword: learning media, Edmodo, misconception, test CRI and Tree Tier Test.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011