SKRIPSI

Penulis / NIM
FERDI H. LATIF / 706518006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
ABSTRAK FERDI H. LATIF. 2020. Pengembangan perangkat berbasis edmodo untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi usaha dan energi di SMAN 1 Gorontalo Utara. Program Studi Magister Pendidikan Fisika. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si dan pembimbing II Dr. Trisnawaty J. Buhungo, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis edmodo yang berkualitas (valid, praktis, dan efektif) untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapanAnalisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Desain penelitian menggunakan one group pretet-postest design. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan terdiri dari Silabus, RPP, Bahan Ajar, LKPD, dan Tes Miskonsepsi. Hasil penelitian mencakup hasil validasi ahli pada perangkat pembelajaran dan hasil pretes dan postes peserta didik sebanyak 26 orang. Hasil validasi ahli memperoleh rata-rata skor sebesar 3,60 pada kriteria valid/sangat valid pada validasi tes miskonsepsi. Hasil pretes diperoleh persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada setiap butir soal yang diujikan dan miskonsepsi terbesar terjadi pada konsep energi potensial sebesar 50%, miskonsepsi pada konsep energi kinetik sebesar 42,31%, miskonsepsi pada konsep usaha sebesar 42,15%. Sedangkan hasil pos test ( pasca treatment) dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis edmodo menunjukan bahwa terjadi pengurangan miskonsepsi pada setiap butir soal, yang tadinya pada konsep energi potensial memiliki miskonsepsi sebesar 50% berkurang menjadi 31%, pada konsep benda energi kinetik miskonsepsinya berkurang menjadi 27%, sedangkan pada konsep usaha miskonsepsinya berkurang menjadi 31% Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Edmodo, Miskonsepsi. ABSTRACT FERDI H. LATIF. 2020. Development of edmodo-based tools to reduce student misconceptions on business and energy materials at SMAN 1 Gorontalo Utara. Physics Education Master Program. Advisor I Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si and II advisor Dr. Trisnawaty J. Buhungo, S.Pd, M.Pd The purpose of this development research is to produce quality edmodo-based learning tools (valid, practical, and effective) to reduce student misconceptions on Business and Energy material. This study uses the ADDIE development model with the stages of Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The research design used a one group pretet-posttest design. Learning tools that have been developed consist of a syllabus, lesson plans, teaching materials, student worksheet, and misconception tests. The results of the study included the results of expert validation on learning devices and the results of the pretest and posttest of 26 students. The results of the expert validation obtained an average score of 3.60 on the valid / very valid criteria on the misconception test validation. The results of the pretest showed that the percentage of students who experienced misconceptions on each item tested and the largest misconception occurred in the concept of potential energy by 50%, the misconception on the concept of kinetic energy was 42.31%, the misconception on the concept of business was 42.15%. While the results of the post-test (post-treatment) using edmodo-based learning tools showed that there was a reduction in misconceptions on each item, which previously had a 50% misconception reduced to 31%, in the kinetic energy object concept the misconception was reduced to 27% , whereas in the business concept the misconception was reduced to 31% Keywords: Learning Tools, Edmodo, Misconceptions.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011