SKRIPSI

Penulis / NIM
LIAN AMU / 706518007
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK Lian Amu. 2020, Integrasi Project Based Learning Dengan Pendidikan Lingkungan Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Keterampilan Ilmiah Dan Sikap Cinta Lingkungan. Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Pembimbing I Dr.Raghel Yunginger,S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dr.Sc. Yayu Indriati Arifin, S.Si, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Fisika dengan menggunakan model Project Based Learning yang diintegrasikan dengan pendidikan lingkungan yang ditinjau dari keterampilan ilmiah dan sikap cinta lingkungan,yang berlokasikan di SMA Negeri 2 Gorontalo. Model pengembangan yang digunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Adapun perangkat yang telah dikembangkan dalam terdiri dari RPP, Bahan Ajar, LKPD,penilaian keterampilan ilmiah dan angket sikap cinta lingkungan. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk melihat kualitas dari perangkat yang terdiri dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Perangkat pembelajaran dikatakan valid berdasarkan hasil penilaian dari validator ahli, kepraktisan dari hasil pengamatan keterlaksanaan dan keeektifan dari hasil pengerjaan laporan project untuk menillai keteramilan imiah peserta didik dan mengetahui sika cinta lingkungan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh presentase nilai sebesar 94,72% yang berarti memenuhi kriteria sangat layak dan dikatakan valid, sementara untuk kepraktisan memperoleh presentase nilai sebesar 90,20% yang berarti sangat baik, sementara untuk keeektifan perangkat pembelajaran ini dilihat penilaian tugas project yang dikerjakan oeh peserta didik dalam bentuk laporan hasi pengamatan lingkungan dan sikap cinta lingkungan yang dinilai berdasarkan hasil angket. Berdasarkan hasil analisis data kualitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran Fisika yang diintegrasikan dengan pendidikan lingkungan dikatakan valid,praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Project Based Learning, Pendidikan Lingkungan, Keterampilan Ilmiah, Cinta Lingkungan ABSTRACT Lian Amu. 2020, The Integration Of Project-Based Learning With Environmental Education In Developing Physic Learning Instruments In Terms Of Scientific Skills And Environmental Care Behavior. Magister������s Study Program in Physics Education, the principal supervisor is Dr.Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si, and the co-supervisor is Dr. Sc. Yayu Indriati Arifin, S.Si, M.Si. This study aims to develop physics learning instruments by using the project-based learning model, which is integrated with environmental education in terms of scientific skills and environmental care behavior located at SMA Negeri 2 Gorontalo. The development model used is the ADDIE development model which is analysis, design, development, implementation, and evaluation. However, the instruments that have been development consist of lesson plans (RPP), Teaching materials, students worksheets, scientific skills assessment, and environmental care questionnaires. The purpose of the development is to see the quality of the instruments are said as valid based on the development is to see the quality of the instruments consisting of validity, practicality, and effectiveness. The learning instruments are said as valid based on the result of expert validator assessment, the learning instruments are said as valid based on the result of expert validator assessment, the practicality of observation of the implementation, and the effectiveness of result on project reports to assess scientific skills and environmental care behavior of the students. The result shows that the developed learning instruments obtain a percentage value of 94,72% which means that it meets very feasible criteria and said as valid, whereas the percentage value for practicality is 90,20% which means very good, while the effectivenees of learning instruments is seen from the assessment of students project in reports form on environmental observations and environmental care behavior which is assessed based on the questionnaires result. Based on the result of data analysis on the quality of learning instruments that have been developed, it can be concluded that the development of physics learning instruments that are integrated with environmental education can be said as valid, practical, and effective to be used in learning. Keywords: Project-Based Learning, Environmental Education, Scientific Skills, Environmental Care
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011