Penulis / NIM
FIRANI CHRISTIANTI UTUSAN / 706519002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri berbasis LMS pada materi listrik dinamis, mengetahui validitas, keefektifan, dan kepraktisan produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Bolangitang dengan jumlah responden 15 orang. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu lembar validasi ahli, instrumen tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil untuk uji kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil perhitungan rata-rata uji ahli isi, ahli desain dan ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas perangkat pembelajaran diperolah nilai N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh skor sebesar 0,77 dengan kriteria efektif, untuk respon peserta didik memperoleh rata-rata 70,06 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria untuk kualitas produk yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.
Kata Kunci : learning management system, inkuiri, listrik dinamis
Download berkas