SKRIPSI

Penulis / NIM
MILANTI TOBUHITO / 706521004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Milanti Tobuhito. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Ryleac Berbantuan PhET Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri Tangagah Pada Materi Getaran dan Gelombang. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. rer.nat Mohamad Jahja, M.Si, dan Pembimbing 2 Dr. Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model ryleac berbantuan PhET yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih keterampilan proses sains pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dengan subjek ujicoba terbatas 10 siswa, dan subjek ujicoba meluas dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas A (20 siswa) dan Kelas B (19 siswa) kelas VIII SMP Negeri Tangagah Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran model ryleac berbantuan PhET yang dikembangkan berkategori sangat valid menurut ahli; 2) Perangkat pembelajaran praktis digunakan dimana diperoleh nilai rata-rata untuk keterlaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik dan respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan pembelajaran; 3) Efektivitas perangkat pembelajaran dilihat dari a) aktivitas siswa memperoleh kategori baik dan sangat baik b) hasil observasi keterampilan proses sains siswa pada indikator mengamati, memprediksi, menginterpretasi data, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan memperoleh hasil baik, dan c) hasil tes keterampilan proses sains pada ujicoba terbatas dan meluas memperoleh hasil 0,71 dan 0,65 dengan kategori tinggi dan sedang yang artinya perangkat pembelajaran model reyleac berbantuan PhET efektif untuk digunakan. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Ryleac, PhET, dan Keterampilan Proses Sains
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011