Penulis / NIM
DEWI OKTAVIANA / 706521006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
DEW OKTAVIANA, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Jire Berbasis Smart Apps Creator dan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelaaran Fisika SMA di Kota Gorontalo. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Pembimbing I: Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolabortif jire berbasis smart apps creator dan karakter terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika SMA di kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh SMA di Kota Gorontalo sebanyak 7 (tujuh) SMA Negeri. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling sehingga diperoleh dua sampel yaitu siswa kelas X MIPA (X MIPA 1 dan X MIPA 2) SMA Negeri 4 Gorontalo dan siswa kelas X MIPA (X MIPA 1 dan X MIPA 2) SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo dengan jumlah seluruh siswa adalah 112 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif jire berbasis smart apps creator terhadap hasilbelajar siswa, (2) Terdapat pengaruh karakter terhadap hasil belajar siswa, (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif Jire berbasis smart apps creator dan karakter terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: model pembelajaran kolaboratif Jire, smart apps creator dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas