Penulis / NIM
GUNTUR TIMBOLA / 706521012
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
ABSTRAK
GUNTUR TIMBOLA. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Cahaya Di SMP Negeri 1 Kwandang. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin, M.Si, Pembimbing II Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Cahaya yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Pengembangan ADDIE yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa perangkat pembelajaran berdiferensiasi yang dikembangkan telah memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi yakni; rerata validasi RPP sebesar 93,75%, rerata validasi LKPD sebesar 94,26%, rerata validasi bahan ajar sebesar 90,22, serta rerata hasil validasi instrumen tes hasil belajar/THB sebesar 90,33%, ketiga hasil validasi tersebut berada pada kategori sangat valid. Analisis keterlakasanaan pembelajaran dan aktivitas belajar peserta didik berada pada kisaran interval skor 81%-100% dengan kriteria sangat praktis. Analisis tes hasil belajar/THB peserta didik pada kelompok terdiferensiasi meningkat yaitu; kelompok dengan kesiapan belajar tinggi (high) memperoleh rerata nilai postest 79,43 dari pretest 22,66, kelompok dengan kesiapan belajar sedang (medium) memperoleh rerata nilai postest 81,13 dari pretest 17,80, dan kelompok dengan kesiapan belajar rendah (low) memperoleh rerata nilai postest 80,74 dari pretest 14,02. Hasil prosentase ketuntasan belajar peserta didik pada kelompok terdiferensiasi yaitu; kelompok dengan kesiapan belajar tinggi (high) memperoleh 100%, kelompok dengan kesiapan belajar sedang (medium) memperoleh 90,90%, dan kelompok dengan kesiapan belajar rendah (low) memperoleh 90,90%. Selanjutnya nilai perolehan N-Gain untuk setiap kelompok terdiferensiasi yakni; peserta didik pada kelompok dengan kesiapan belajar tinggi (high) 0,74, peserta didik pada kelompok dengan kesiapan belajar sedang (medium) 0,72, dan peserta didik pada kelompok dengan kesiapan belajar rendah (low) 0,72, hasil tersebut berada pada kriteria tinggi. Data respon peserta didik yang diperoleh dari respon peserta didik memperoleh nilai rerata pada uji coba terbatas sebesar 92,59% dan nilai rerata untuk uji coba skala luas sebesar 92,50%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berdiferensiasi yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep Cahaya di SMP Negeri Kwandang.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Berdiferensiasi, hasil belajar peserta didik.
Download berkas