Penulis / NIM
SRI ISNAWATY NINGSI HASANIA / 707519001
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstrak
ABSTRAK
Sri Isnawaty N. Hasania. 2021. Transformasi Pembelajaran Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intellegence di SDN 27 Kota Selatan. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. Pembimbing: (I) Prof Dr Abd Kadim Masaong, M.Pd (II) Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Transformasi pembelajaran untuk penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kecerdasan Intelektual di SDN 27 Kota Selatan, (2) Transformasi pembelajaran untuk penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kecerdasan Emosional di SDN 27 Kota Selatan, (3) Transformasi pembelajaran untuk penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kecerdasan Spritual di SDN 27 Kota selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan field research dengan metode pengumpulannya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa terlihat aktivitas siswa yang memiliki beberapa kemampuan yaitu; (1) Kemampuan membedakan yang benar dan yang salah; baik dan buruk. (2). Kemampuan menghargai dan berbagi pengalaman serta mengutamakan kepentingan orang lain. (3). Kemampuan membangun persaudaraan dan persahabatan. (4). Rasa ingin tahu terhadap berbagai hal. (5). Kemampuan berfikir dan mengekspresikan diri. (6). Rasa percaya dan bangga terhadap hasil karyanya. (7). Suka berkompetisi. (8). Sikap kebiasaan hidup sehat dan (9). Mencintai Indonesia. Sementara itu pada aspek kecerdasan emosional diperoleh bahwa guru menggunakan desain pembelajaran berbasis proyek dalam rangka menjadikan siswa tidak pernah mundur dari tantangan dengan menjunjung integritas tinggi walaupun belajar dari rumah. Siswa terlihat aktif dalam diskusi dan bekerja sebagai tim dan saling bergantian untuk mempresentasikan proyek hasil diskusi kelompok. Pada aspek Kecerdasan Spritual diperloleh hasil analis bahwa guru menanamkan semangat peserta didik dalam meningkatkan rasa cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, melaksanakan tugas secara mandiri, akuntabel dan tranparansi. Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Transformasi Pembelajaran Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intellegence di SDN 27 Kota Selatan sudah berjalan sesuai prosedurnya sehingga diharapkan biasa menjadi rujukan untuk pengembangan penelitian lainnya.
Kata kunci: Transformasi Pembelajaran, Penguatan Pendidikan Karakter, Multiple Intellegence
Download berkas