Penulis / NIM
ROSITA HIDIJA / 707519002
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
ROSITA HIDIJA. 2021. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kebutuhan di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Gorontalo. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris,M.Sc dan Pembimbing II Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persiapan pembelajaran berbasis kebutuhan di SLB Negeri Kota Gorontalo, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis kebutuhan di di SLB Negeri Kota Gorontalo, dan (3) penilaian pembelajaran berbasis kebutuhan di SLB Negeri Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang terdiri dari kepala sekolah, guru tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis dan wakil orang tua siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran berbasis kebutuhan di SLB Negeri Kota Gorontalo yang meliputi: (a) identifikasi/asesmen merupakan upaya yang dilakukan guru bersama tim yang dibentuk sekolah untuk mendapatkan gambaran tentang hambatan dan kompetensi yang perlu dikembangkan kepada anak (b) PPI adalah upaya guru dalam memrogramkan pembelajaran berbasis individual yang sesuai dengan kompetensis anak, (c) intervensi pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kurikulum sekolah sesuai dengan hambatan belajar (d) modifikasi materi pembelajaran adalah penyesuaian materi pembelajaran 2) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: (a) keterampilan guru dalam berkomunikasi adalah upaya guru dalam menyampaikan materi pelajaran agar menarik, tidak membosankan dan memberi motivasi pada anak, (b) strategi dan metode adalah upaya guru dalam mengatur pengelolaan kelas sesuai hambatan yang ada pada anak (c) sumber dan media pembelajaran, merupakan penunjang pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran berbasis kebutuhan yang meliputi: (1) perencanaan penilaian merupakan upaya guru dalam mempersiapkan penilaian baik dalam menyusun kisi-kisi soal, bentuk soal, jumlah soal dan instrumen penilaian yang akan digunakan, sedangkan (2) pelaksanaan penilaian adalah upaya guru dalam melaksanakan penilaian baik penugasan, ulangan harian (UH), ulangan tengah semester (UTS) dan penilaian akhir semester (PAS) atau ujian akhir sekolah (UAS)
Kata Kunci : Pengelolaan pembelajaran berbasis kebutuhan
Download berkas