Penulis / NIM
SOFYA MAHMUD / 707519003
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Sofya Mahmud. 2021. Peningkatan Inovasi Pembelajaran melalui Penguatan Budaya Literasi Teknologi di SDN No. 65 Kota Timur. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. Pembimbing: (I) Prof Dr Abd Kadim Masaong,. M.Pd (II) Dr. Besse Marhawati, S.Pd,.M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi pembelajaran guru di SDN No. 65 Kota Timur melalui penguatan budaya literasi teknologi di SDN 65 Kota Timur dengan prosedurnya melalui empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan Inovasi Pembelajaran melalui Penguatan Budaya Literasi Teknologi di SDN No. 65 Kota Timur dari siklus ke siklus. Pada siklus 1 menunjukan bahwa dari 17 orang guru yang dikenai tindakan, 9 orang atau 53% telah mengalami peningkatan inovasi pembelajaran melalui penguatan budaya literasi teknolgi sementara itu pada siklus 2 diperoleh data bahwa dari 17 orang guru, 16 orang atau 94,15 telah memiliki inovasi belajar yang baik. Dengan demikian dapat dikatakan telah terjadi peningkatan inovasi pembelajaran guru yang signifikan melalui tindakan penguatan budaya literasi teknlogi
Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Literasi teknologi dapat meningkatkan inovasi pembelajaran guru di SDN No.65 Kota Timur. sehingga diharapkan bagi kepala sekolah, guru, sekolah dan pihak Dinas Pendidikan Kota Gorontalo agar senantiasa Literasi teknologi perlu digalakka untuk meningkatkan inovasi pembelajaran.
Kata kunci: Inovasi Pembelajaran, Budaya Literasi, Teknologi
Download berkas