SKRIPSI

Penulis / NIM
ALIM MAHMUD / 707519007
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK ALIM MAHMUD. 2021. Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Akademik di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo. Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arfan Arsyad, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi implementasi penjaminan mutu internal akademik di tinjau dari : (1)context.(2) input.(3) process (4)productdi SMA Negeri 3 Kota Gorontalo.Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian evaluasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 72 orang terdiri dari kepala sekolah dan tenaga pendidik (guru). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi model CIIPyang terdiri dari Context, Input, Process, Produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Akademik di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo pada: (1) Evaluasi Konteks (Context) meliputi,dukungan Kebijakan merupakan dokumen regulasi pendukung bagi guru dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab di sekolah. Dari hasil penelitian menunjukkan kategori baik dengan persentase capaian 88,82 %(2) Evaluasi Input (Input)yang meliputi: (a) Aspek tenaga pendidik adalah guru memiliki kualifikasi akademik minimal S1 dan mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan yang diampuh, (b) Aspek rekrutmen siswa adalah sistem penerimaan siswa baru sesuai dengan prosedur yang ada (c) Sarana pendukung pembelajaran adalah ketersediaan sarana penunjang pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mengajar dengan baik, (c) Kurikulum dan bahan ajar adalah ketersediaan dokumen kurikulum yang di susun guru sesuai mata pelajaran yang di ampuh serta bahan ajar. Hasil penelitian pada evaluasi input dengan kategori baik dan persentase capaian 89,13 % (3) Hasil Evaluasi Proses (Process) yang meliputi: (a) Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) adalah tahapan kegiatan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan menutup pembelajaran (b) Penilaian adalah kesiapan guru dalam mengembangkan penilaian. Hasil penelitian pada evaluasi proses menunjukan kategori baik dengan persentase 86,36% (4) Evaluasi Output (Product)yang meliputi : (a) Prestasi Belajar Siswa adalah prestasi apa saja yang di raih oleh siswa di sekolah (b) Prestasi Guru merupakan suatu kegiatan yang di lakukan guru dan mendapatkan penghargaan (c) Prestasi Sekolah adalah upaya yang dilakukan sekolah dan meraih prestasi baik di bidang akademik dan non akademik seperti : prestasi pada ujian nasional, prestasi pada lomba OSN, O2SN, FLS2N dan capaian akreditasi sekolah. Hasil penelitian pada evaluasi Output menunjukan kategori baik (79,71%) Kata Kunci : Evaluasi Implementasi SPMI
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011