Penulis / NIM
SEFTIANISA AMAY / 707519011
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstrak
ABSTRAK
SEFTIANISA AMAY. 2021. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Tesis. Program Pacasarjana Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sitti Roskina Mas, M.Pd dan Pembimbing II Zulystiawati, M.Ed, Ph. D
Penelitian ini difokuskan pada Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Merdeka Belajar dengan sub fokusnya: (1) pelakasanaan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan (2) program merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelakasanaan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan (2) program merdeka belajar di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kepala sekolah dalam mengimplementasikan kepemimpinan pembelajaran mengutamakan visi dan misi sekolah yang ingin mewujudkan SMA Negeri 1 Gorontalo sebagai generasi SMART. Tenaga pendidik diberikan keleluasaan untuk mendesai pembelajaran yang berfokus pada peserta didik. Pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dilakukan dengan cara berdiskusi secara langsung maupun tidak langsung dengan tenaga pendidik, aktif mendukung komunitas belajar tenaga pendidik, mengamati secara langsung proses pembelajaran dalam rangka monitoring dan melaksanakan rapat rutin untuk mengevaluasi setiap program dan atau kegiatan, dan mengedepankan tiga hal yakni 3K yaitu koordinasi, lalu konsultasi dan komunikasi, (2) Program merdeka belajar di SMA Negeri 1 Gorontalo bukan hanya tentang peserta didik namun juga tentang tenaga pendidik. Karena dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, tenaga pendidik dapat meningkatkan kompetensi dengan cara mengikuti pelatihan, workshop serta webinar. Pihak sekolah menyediakan fasilitas yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran secara daring. Adapun implementasi AKM dan survey karakter ada dalam bentuk soal HOTS dan penguatan karakter serta pihak sekolah selalu aktif berkomunikasi dengan para orang tua peserta didik. Dalam mengimplementasikan system pendidikan merdeka belajar, SMAN 1 Gorontalo mengalami beberapa kendalam namun masih bisa diatasi oleh pihak sekolah dengann semaksimal mungkin
Kata kunci: kepemimpinan, pembelajaran, merdeka belajar
Download berkas