Penulis / NIM
MUFIDA M. LATINAPA / 707519012
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
MUFIDA M. LATINAPA, 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru, Komitmen Kerja Guru Terhadap Pengendalian Konflik di SDN Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Arfan Arsyad, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Arifin Suking, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap komitmen kerja guru; (2) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan komunikasi interpersonal, dan komitmen kerja guru terhadap pengendalian konflik; (3) pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengendalian konflik melalui komitmen kerja guru, dan pengaruh tidak langsung kemampuan komunikasi interpersonal terhadap pengendalian konflik melalui komitmen kerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru SDN Kecamatan Ratolindo sebanyak 188 orang guru. Sampel sebanyak 130 orang guru. Besarnya ukuran sampel dihitung menggunakan rumus Nomogram Harry King, sedangkan teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menemukan: (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap komitmen kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengendalian konflik, (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap pengendalian konflik, dan (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan komitmen kerja guru terhadap pengendalian konflik, (6) terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengendalian konflik melalui komitmen kerja guru, dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung kemampuan komunikasi interpersonal terhadap pengendalian konflik melalui komitmen kerja guru.
Kata kunci: gaya kepemimpinan, komunikasi interpersonal guru, komitmen kerja, pengendalian konflik
Download berkas