Penulis / NIM
ANTON ALAINA / 707519014
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
ANTON ALAINA. Pengaruh Intensitas Supervisi Akademik, motivasi berprestasi dan komitmen kerja terhadap kinerja Guru SDN di Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana di bawah Bimbingan Bapak Prof.Dr. Ansar, S.Pd.,M.Si dan Dr.Hj. Nina Lamatenggo, SE.,M.Pd Tahun 2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung intesitas supervisi akademik terhadap komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (2) pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (3) pengaruh langsung intensitas supervisi akademik terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (4) pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (5) pengaruh langsung komitmen guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (6) pengaruh tidak langsung intensitas supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una.(7) pengaruh tidak langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 885 orang sedangkan sampel adalah 264 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan intesitas supervisi akademik terhadap komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 71.2%. (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 58.0%. (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan intensitas supervisi akademik terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 15.9%. (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 11.8%. (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan komitmen guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 12.9%. (6) terdapat pengaruh tidak langsung intensitas supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 55.5%.(7) terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 12.1%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi pelaksanaan intensitas supervisi akademik, motivasi berprestasi, komitmen guru maka akan semakin tinggi kinerja guru
Kata kunci: intensitas supervisi akademik, motivasi berprestasi, komitmen kerja dan kinerja guru
Download berkas