Penulis / NIM
BUDI WALUYA / 707519015
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK
BUDI WALUYA. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Iklim Kerja, Dan Motivasi Mengajar Guru Terhadap Kinerja guru Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Pembimbing I: Dr. H. Arfan Arsyad, M.Pd; Pembimbing: Dr. Hj. Fory Armin, M.Pd. Tahun 2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung kompetensi profesional guru terhadap motivasi mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (2) pengaruh langsung iklim kerja terhadap motivasi mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (3) pengaruh langsung kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (4) pengaruh langsung iklim kerja terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (5) pengaruh langsung motivasi mengajar guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (6) pengaruh tak langsung kompetensi professional guru terhadap kinerja guru melalui motivasi mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-Una, (7) pengaruh tak langsung iklim kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi mengajar guru di Kabupaten Tojo Una- Una. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 174 orang sedangkan sampel adalah 129 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional guru terhadap motivasi mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (2) terdapat pengaruh langsung iklim kerja terhadap motivasi mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (3) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (4) terdapat pengaruh langsung iklim kerja terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (5) terdapat pengaruh langsung motivasi mengajar guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (6) terdapat pengaruh tak langsung kompetensi professional guru terhadap kinerja guru melalui motivasi mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-Una, (7) terdapat pengaruh tak langsung iklim kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-Una. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi pelaksanaan iklim kerja, motivasi mengajar guru maka akan semakin tinggi kinerja guru
Kata kunci: kompetensi profesional guru, iklim kerja, motivasi mengajar guru kinerja guru
Download berkas