Penulis / NIM
RISAL NURDIN / 707519017
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
RISAL NURDIN, 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Iklim Kerja terhadap Pengelolaan Stres Kerja Guru SD Negeri di kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Prof Dr. H. Abd. Kadim Masaong,M.Pd dan Pembimbing 2 : Dr. Besse Marhawati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap pengelolaan stres kerja guru (2) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengelolaan stres kerja guru (3) pengaruh langsung iklim kerja terhadap pengelolaan stres kerja guru (4) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap iklim kerja (5) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkkan bahwa (1) kecerdasan emosional berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap pengelolaan stress kerja guru SD Negeri di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una Una (2) perilaku kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap pengelolaan stress kerja guru SD Negeri di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una Una (3) iklim kerja berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap pengelolaan stress kerja guru SD Negeri di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una Una (4) kecerdasan emosional berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap iklim kerja pada SD Negeri di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una Una dan (5) Perilaku kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap iklim kerja pada SD Negeri di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una Una. Saran peneliti yaitu perlu adanya upaya yang serius dalam mengendalikan dampak stres kerja yang dihadapi serta pengembangan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui variable lain yang mempengaruhi pengelolaan stress kerja guru serta dampak stress kerja guru terhadap peserta didik.
Kata kunci : stres kerja, kecerdasan emosional, perilaku kepemimpinan, iklim kerja
Download berkas