Penulis / NIM
ROBITA SATTU / 707519018
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
Robita Sattu. 2021. NIM. 707519018. Pengaruh Paerisipasi Guru dalam Pengambilan kepeutusan Budaya sekolah, Pemberian Reward, terhadap Kepuasan Kerja .Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I: Prof. Ansar., M.Si, dan Pembimbing II: Dr. Arifin Suking, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh langsung partisipasi guru
dalam pengambilan keputusan terhadap kepuasan kerja guru SDN, (2) apakah terdapat pengaruh
langsung budaya sekolah terhadap kepuasan kerja guru SDN, (3) apakah terdapat pengaruh
langsung pemberian reward terhadap kepuasan kerja guru SDN, (4) apakah terdapat pengaruh
langsung partisipasi guru dalam pengambilan keputusan terhadap pemberian reward di SDN, (5)
apakah terdapat pengaruh langsung budaya sekolah terhadap pemberian reward di SDN,(6)
Apakah terdapat pengaruh tidak langsung partisipasi guru dalam pengambilan keputusan terhadap
kepuasan kerja guru melalui pemberian reward di SDN, (7) Apakah terdapat pengaruh tidak
langsung budaya sekolah terhadap kepuasan kerja guru melalui pemberian reward di SDN Kec.
Ampana Kab. Tojo Una-Una. Metode peneltian ini menggunakan Kuantitatif, dengan teknik
pengumpulan data adalah kuisoner, Observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan
partisipasi guru dalam pengambilan keputusan terhadap kepuasan kerja guru SDN di Kec. Ampana
Kota (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan budaya sekolah terhadap pepuasan
kerja guru SDN di Kec. Ampana Kota. Hal ini berarti semakin tinggi budaya sekolah maka
kepuasan kerja guru akan meningkat (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan
pemberian reward terhadap kepuasan kerja guru SDN di Kec. Ampana Kota. Hal ini berarti
semakin tinggi Pemberian reward maka kepuasan kerja guru semakin baik. (4) Terdapat pengaruh
langsung positif dan signifikan partisipasi guru dalam pengambilan keputusan terhadap pemberian
reward SDN di Kec. Ampana Kota. (5) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan budaya
sekolah terhadap pemberian reward SDN di Kec. Ampana Kota. Hal ini berarti semakin rendah
budaya sekolah maka pemberian reward semakin rendah, (6) Terdapat pengaruh tidak langsung
partisipasi guru dalam pengambilan keputusan terhadap kepuasan kerja melalui pemberian reward
guru di SDN Kec. Ampana Kota. (7) Terdapat pengaruh tidak langsung budaya sekolah terhadap
kepuasan kerja melalui pemberian reward guru di SDN Kec. Ampana Kota. Artinya jika budaya
sekolah baik maka akan memberikan kepuasan kepada guru hal ini didorong oleh pemberian
reword yang dilakukan oleh kepala sekolah
Kata kunci : partisipasi guru, pengambilan keputusan, budaya sekolah, pemberian reward,
dan kepuasan kerja guru
Download berkas