Penulis / NIM
ZULHIJAH SAMPO / 707519019
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
ZULHIJAH SAMPO. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah, dan Budaya Kerja Terhadap Motivasi Berprestasi Guru Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Pembimbing I: Dr. Arfan Arsyad, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Arwildayanto, M.Pd. Tahun 2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya kerja guru, (2) pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap budaya kerja, (3) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (4) pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (5) pengaruh langsung budaya kerja terhadap motivasi berprestasi guru, (6) pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru, dan (7) pengaruh tidak langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 188 orang. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan proportional sampling sehingga diperoleh 128 orang guru sebagai sampel.Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya kerja guru sebesar 59.4%, (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap budaya kerja guru sebesar 60.9%, (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 60.9%, (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 62.4%, (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan budaya kerja terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 99.7%, (6) terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru sebesar 21.9%, dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru sebesar 72.2%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, budaya kerja maka akan semakin tinggi motivasi berprestasi guru.
Kata kunci: gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, budaya kerja dan motivasi berprestasi guru
Download berkas