SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWATI SADI / 707519022
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK RAHMAWATI SADI. Pengaruh Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik, Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana di bawah Bimbingan Dr. H. Arfan Arsyad, M.Pd dan Dr. Arifin, M.Pd Tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung intensitas pembimbingan supervisi akademik terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan . (2) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan. (3) pengaruh langsung intensitas pembimbingan supervisi akademik terhadap kemampuan mengajar guru. (4) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru. (5). pengaruh langsung pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kemampuan mengajar guru. (6) pengaruh tidak langsung intensitas pembimbingan supervisi akademik terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. (7) pengaruh tidak langsung perilaku kepemimpinanp pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 174 orang sedangkan sampel adalah 129 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pengaruh langsung positif dan signifikan Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik terhadap pengembangan profesi berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una (2) pengaruh langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una. (3) pengaruh tak langsung positif dan signifikan Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik terhadap kemampuan mengajar di Kabupaten Tojo Una-una. (4) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-una. (5) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru terhadap kemampuan mengajar guru. (6) Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una. (7) Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una. Kata kunci: intensitas pembimbingan supervisi akademik, perilaku kepemimpinan pembelajaran, pengembangan keprofesian berkelanjutan, kemampuan mengajar guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011