Penulis / NIM
RAHMAWATI SADI / 707519022
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
RAHMAWATI SADI. Pengaruh Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik, Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana di bawah Bimbingan Dr. H. Arfan Arsyad, M.Pd dan Dr. Arifin, M.Pd Tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung intensitas pembimbingan supervisi akademik terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan . (2) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan. (3) pengaruh langsung intensitas pembimbingan supervisi akademik terhadap kemampuan mengajar guru. (4) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru. (5). pengaruh langsung pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kemampuan mengajar guru. (6) pengaruh tidak langsung intensitas pembimbingan supervisi akademik terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. (7) pengaruh tidak langsung perilaku kepemimpinanp pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 174 orang sedangkan sampel adalah 129 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pengaruh langsung positif dan signifikan Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik terhadap pengembangan profesi berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una (2) pengaruh langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una. (3) pengaruh tak langsung positif dan signifikan Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik terhadap kemampuan mengajar di Kabupaten Tojo Una-una. (4) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-una. (5) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru terhadap kemampuan mengajar guru. (6) Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una. (7) Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una.
Kata kunci: intensitas pembimbingan supervisi akademik, perilaku kepemimpinan pembelajaran, pengembangan keprofesian berkelanjutan, kemampuan mengajar guru
Download berkas