Penulis / NIM
HAPSAH JUSUF IBRAHIM / 707519029
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
Hapsah J. Ibrahim. 707 519 029. 2021. Analisis Penerapan Prinsip Good School Governance Pada Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Pohuwato. Tesis Program Studi S2 Administrasi Pendidikan, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan bapak Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc dan bapak Dr. Arwildayanto, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan prinsip transparansi pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. (2) penerapan prinsip partisipatif pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. (3) penerapan prinsip akuntabilitas pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. (4) penerapan prinsip kemandirian pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian yang digunakan yakni eksplanatori. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan penyebaran kuesioner pada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 192 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga terpilih sebanyak 130 orang guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penerapan prinsip transparansi pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato berada pada kriteria yang baik. (2) penerapan prinsip partisipatif pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato berada pada kriteria baik. (3) penerapan prinsip akuntabilitas pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato berada pada kriteria baik. (4) penerapan prinsip kemandirian pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato berada pada kriteria baik
Kata kunci: Good school governance, Transparansi, Partisipatif, Akuntabilitas, Kemandirian
Download berkas