Penulis / NIM
RAHMA ANDI ACOK / 707519032
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
RAHMA ANDI ACOK. 2021. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah
Dasar Pada Daerah Terpencil Di Kabupaten Tojo Una-Una.Tesis. Program Studi
Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dr. Siti Roskina Mas., M.M., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arifin
Suking, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) upaya kepala sekolah dalam
mengkoordinasi program pembelajaran dengan guru di SDN terpencil, (2) upaya
kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk memperbaiki pembelajaran di SDN
terpencil, (3) upaya kepala sekolah dalam menciptakan proses belajar mengajar
yang kondusif di SDN terpencil, (4) upaya kepala sekolah dalam melakukan
evaluasi peserta didik di SDN terpencil, dan (5) upaya kepala sekolah dalam
membangun komunitas pembelajaran di SDN terpencil Kabupaten Tojo Una-Una.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display dan verifikasi data.
Uji keabsahan data menggunakan 1) kepercayaan, 2) Triangulasi, 3)
memperpanjang pengamatan, 4) confirmability. Hasil penelitian menunjukkan: (1)
upaya kepala sekolah dalam mengkoordinasi program pembelajaran dengan guru
di SDN terpencil melalui;(a) melakukan kerjasama dengan guru sebagai petunjuk
terhadap guru untuk mencapai tujuan sekolah,(b) memberikan kesempatan pada
guru untuk menyampaikan saran, tanggapan terhadap perencanaan program
kegiatan sekolah, dan(c) melakukan perencanaan pembelajaran pada setiap tahun
untuk pelaksanaan program kegiatan pembelajaran,(2) upaya kepala sekolah dalam
memotivasi guru untuk memperbaiki pembelajaran di SDN daerah terpencil
melalui:(a) pemberian motivasi baik dari dalam maupun dari luar secara terus
menerus untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas, (b)
memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi serta mencurahkan
perhatian kepada pegawai yang dan semua stakeholder yang berada di sekolah, dan
(c) membangun kerja sama antar guru, kepala sekolah, masyarakat, (3) upaya
kepala sekolah dalam menciptakan proses belajar mengajar yang kondusif di SDN
daerah terpencil dilakukan dengan:(a) mengarahakan seluruh warga sekolah untuk
dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman, (b) menumbuhkan
kesadaran diri dari guru maupun siswa untuk tetap berperilaku disiplin menjaga
nilai-nilai yang memang sudah tertanam pada sekolah,(4) upaya kepala sekolah
dalam melakukan evaluasi pembelajaran peserta didik di SDN daerah terpencil
dilakukan dengan (a) mengontrol pelaksanaan evaluasi setiap mata pelajaran
(formatif, sumatif, dan pelaksanaan ujian mata pelajaran pada semester ganjil dan
genap),(b) mengarahkan guru untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik agar
dapat mencapai tujuan pembelajaran pada setiap mata pelajaran,(c) menyiapkan
fasilitas pembelajaran,(5)upaya kepala sekolah dalam membangun komunitas
pembelajaran di SDN daerah terpencil dilakukan dengan: (a) meningkatkan pelayan
baik untuk peserta didik maupun guru, dan (b) memberikan sosialisasi terhadap
masyarakat setempat bahwa pendidikan sangatlah penting untuk masa depan.
Kata kunci : kepemimpinan pembelajaran, proses belajar mengajar, daerah
terpencil
Download berkas