Penulis / NIM
JUSUF UMALA / 707519036
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstrak
ABSTRAK
JUSUF UMALA 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, dan Budaya Sekolah Terhadap Penguatan Karakter Siswa SDN di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Dr. Sitti Roskina Mas, M.M.,M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter (2) pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter. (3) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap penguatan karakter. (4) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap budaya sekolah. (5) pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap budaya sekolah. (6) pengaruh tak langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah, (7) pengaruh tak langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SDN di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 174 orang sedangkan sampel adalah 129 orang guru. Teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling (Nomogram Hary King) yang dikumpulkan melalui penyebaran angket dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter. (2) terdapat pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter. (3) terdapat pengaruh langsung budaya sekolah terhadap penguatan karakter. (4) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap budaya sekolah. (5) terdapat pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap budaya sekolah. (6) terdapat pengaruh tak langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah, (7) terdapat pengaruh tak langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah di Kecamatan Ampana kota Kabupaten Tojo Una-Una hal ini berarti bahwa semakin tinggi pelaksanaan kecerdasan spritual, budaya sekolah maka akan semakin tinggi penguatan karakter
Kata kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, budaya sekolah, penguatan karakter
Download berkas