SKRIPSI

Penulis / NIM
JUSUF UMALA / 707519036
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstrak
ABSTRAK JUSUF UMALA 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, dan Budaya Sekolah Terhadap Penguatan Karakter Siswa SDN di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Dr. Sitti Roskina Mas, M.M.,M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter (2) pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter. (3) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap penguatan karakter. (4) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap budaya sekolah. (5) pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap budaya sekolah. (6) pengaruh tak langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah, (7) pengaruh tak langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SDN di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 174 orang sedangkan sampel adalah 129 orang guru. Teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling (Nomogram Hary King) yang dikumpulkan melalui penyebaran angket dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter. (2) terdapat pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter. (3) terdapat pengaruh langsung budaya sekolah terhadap penguatan karakter. (4) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap budaya sekolah. (5) terdapat pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap budaya sekolah. (6) terdapat pengaruh tak langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah, (7) terdapat pengaruh tak langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah di Kecamatan Ampana kota Kabupaten Tojo Una-Una hal ini berarti bahwa semakin tinggi pelaksanaan kecerdasan spritual, budaya sekolah maka akan semakin tinggi penguatan karakter Kata kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, budaya sekolah, penguatan karakter
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011