Penulis / NIM
ESMA MANTUE / 707519044
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Abstrak
ABSTRAK
ESMA MANTUE.2021.Pengaruh Adversity Quotient, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una.Tesis.Program Studi Administrasi Pendidikan.Program Pascasarjana.Pembimbing I: Prof. Dr. H. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc.Pembimbing II: Dr. H.Arfan Arsyad, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung adversity quotient terhadap motivasi berprestasi di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (2) pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap motivasi berprestasi di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (3) pengaruh langsung adversity quotient terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (4) pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (5) pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (6) pengaruh tidak langsung adversity quotient terhadap hasil belajar peserta didik melalui motivasi berprestasi di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; dan (7) pengaruh tidak langsung perhatian orang tua terhadap hasil belajar peserta didik melalui motivasi berprestasi di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru peserta didik SMP Negeri 1 Togean Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 169 orang, sedangkan sampel sebanyak 119 orang peserta didik. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan adversity quotient terhadap motivasi berprestasi di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi berprestasi di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan adversity quotient terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; (6) terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan adversity quotient terhadap hasil belajar peserta didik melalui motivasi berprestasi di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una; dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar peserta didik melalui motivasi berprestasi di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pelaksanaan adversity quotient, perhatian orang tua, motivasi berprestasi maka akan semakin tinggi hasil belajar peserta didik
Kata kunci: adversity quotient, perhatian orang tua, motivasi berprestasi, dan hasil belajar
Download berkas