Penulis / NIM
SAIFUL S. BIALANGI / 707520001
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstrak
ABSTRAK
Saiful S. Bialangi. 2022. Penguatan Karakter Religius Melalui Program Habituasi di SMA Negeri 4 Gorontalo. Tesis Program Studi Administrasi Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Prof. Dr. Hi. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, dan Pembimbing 2, Prof. Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk : (a) mengetahui pelaksanaan proses habituasi, (b) mengetahui bahwa program habituasi dapat meningkatkan karakter religius di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan desain penelitian tindakan sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) angket dalam bentuk kuesioner yang digunakan untuk menjaring data tentang: (a) karakter siswa, (b) tahapan implementasi program habituasi untuk meningkatkan kualitas karakter siswa. (2) observasi (observasi non partisipan) yaitu peneliti tidak langsung terlibat dan hanya sebagai pengamat independent, mencatat, menganalisis, dan membuat kesimpulan tentang penerapan Pendidikan karakter dalam meningkatkan karakter siswa melalui implementasi program habituasi di SMA Negeri 4 Gorontalo. (3) studi dokumen yaitu dokumen berupa contoh RPP, profil sekolah, serta foto-foto kegiatan penelitian yang berkaitan dengan penerapan Pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pelaksanaan proses habituasi di SMA Negeri 4 Gorontalo yang dilaksanakan melalui 6 kegiatan antara lain (a) pelaksanaan sholat dhuha, (b) sholat dzuhur berjamaah, (c) gerakan infaq sedekah (GARISA), (d) tadarusan, (e) jumpa berlian, dan (f) budaya lisa. Pada Siklus I berada pada kategori baik dan pada Siklus II berada pada kategori sangat baik. (2) Program habituasi dapat meningkatkan karakter religius siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo, hal ini ditunjukkan dengan rerata hasil capaian pada siklus II yang menunjukkan bahwa karakter religus siswa mengalami peningkatan secara signifikan dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan kesadaran siswa untuk melaksanakan kegiatan religius sehingga mampu meningkatkan kualitas karakter siswa secara optimal.
Kata kunci: Karakter Religius, Habituasi
Download berkas