Penulis / NIM
ZULKIFLI TOLIU / 707520003
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
Zulkifili Toliu, (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Komisi Pembimbing : Dr. Arfan Arsyad, M.Pd dan Dr. Nina Lamatenggo, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penetapan standar mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat; (2) pemetaan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat; (3) penyusunan rencana pemenuhan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat; (4) pelaksanaan pemenuhan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat; dan (5) evaluasi / audit mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Pemetaan mutu oleh SMP Negeri 1 Bolangitang Barat dilaksanakan melalui kegiatan EDS berdasarkan SNP; (2) SMP Negeri 1 Bolangitang Barat sudah melakukan perencanaan pemenuhan mutu dengan baik; (3) Dalam pelaksanan pemenuhan mutu, SMP Negeri 1 Bolangitang Barat sudah melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang direncanakan; (4) Hasil evaluasi/audit mutu belum digunakan dengan maksimal sebagai bahan tindak lanjut; (5) Penetapan standar mutu tidak melibatkan semua pemangku kepentingan dalam hal ini orang tua siswa serta kurang berorientasi pada komponen proses standar nasional pendidikan yang berpengaruh besar terhadap komponen output.Untuk itu disarankan (1) Bagi Dinas Pendidikan, perlu melakukan upaya��"upaya berkesinambungan dalam Pengimplementasian sistem penjaminan mutu internal pendidikan di semua sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan, (2) Bagi Kepala Sekolah, Perlu lebih meningkatakn kompetensi diri dalam mengkaji kelemahan dan kelebihan yang ada di sekolah sebagai tolak ukur dalam penetapan mutu sekolah, (3) Bagi peserta didik, diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam mendukung tercapainya mutu pendidikan sekolah yang lebih baik, (4) Bagi peneliti lain, disarankan untuk menambah referensi tentang penjaminan mutu internal pendidikan yang di laksanakan di sekolah.
Kata Kunci : Sistem Penjaminan Mutu Internal
Download berkas