Penulis / NIM
SRI KILAN PAKAYA / 707520010
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Abstrak
ABSTRAK
Sri Kilan Pakaya, 2022. Asesmen Kesiapan Sekolah dalam Penerapan Literasi dan Numerasi di SD Negeri di Kabupaten Gorontalo, dibimbing oleh Prof. DR. Fory Armin Naway, M.Pd dan DR. Drs. Arfan Arsyad, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) kebijakan sekolah dalam penerapan literasi dan numerasi di SD Negeri Kabupaten Gorontalo, (2) kesiapan sumberdaya manusia dalam penerapan literasi dan numerasi SD Negeri Kabupaten Gorontalo dan (3) kesiapan sarana dan prasarana dalam penerapan literasi dan numerasi di SD Negeri Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif explanatory. Data primer diperoleh melalui observasi pada 58 responden dari SD Negeri se-Kabupaten Gorontalo sebagai sampel. Indikator penelitian meliputi kebijakan sekolah, kesiapan sumber daya manusia, kesiapan sarana dan prasarana, dijabarkan 30 item pertanyaan melalui angket tertutup. Teknik pengumpulan data melalui Kuisioner, Wawancara, Observasi dan dokumentasi, Analisis data menggunakan metode statistik persentase, analisis deskriptif dibuat dalam bentuk tabel frekuensi berdasarkan rumus yang telah ditentukan
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : Kebijakan sekolah mengenai penerapan literasi dan numerasi di SD Negeri Kabupaten Gorontalo berada pada kategori siap dengan prosentasi 81%, Kesiapan sumber daya manusia dalam penerapan literasi dan numerasi di SD Negeri Kabupaten Gorontalo berada pada kategori siap dengan prosentase 82% serta Kesiapan sarana dan prasarana dalam penerapan literasi dan numerasi di SD Negeri Kabupaten Gorontalo berada pada kategori kurang siap dengan Prosentasi 80%.
Kata Kunci : Asesmen, Kesiapan Sekolah, Literasi dan Numerasi
Download berkas