Penulis / NIM
ROSLIN TAKAHINDANGEN / 707520011
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
ROSLIN TAKAHINDANGEN. 2022. Pengaruh Preservice dan Inservice Training Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Program studi Administrasi Pendidikan. Pembimbing 1: Dr. Arwildayanto. S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Dr. Arifin, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis; (1) pengaruh preservice training terhadap peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (2) pengaruh model inservice training terhadap peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (3) pengaruh preservice dan inservice training terhadap peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Preservice training berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru SD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Selanjutnya, model insrvice training berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru SD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan hasil uji serta preservice dan inservice training berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kompetensi guru SD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan hasil uji one sample test diperoleh 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Kata Kunci: Preservice, Inservice, dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar
Download berkas