SKRIPSI

Penulis / NIM
YUNITA SRI MAHARDHIKA / 707520014
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK YUNITA SRI MAHARDHIKA. 2022. Pencapaian Sekolah Efektif pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc. Pembimbing II: Dr. Arifin Suking, M.Pd. Sekolah efektif adalah sekolah yang mampu memberdayakan setiap elemen penting sekolah, mempunyai sistem pengelolaan yang baik, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan: (1) kepemimpinan profesional, (2) visi dan tujuan bersama, (3) lingkungan belajar, (4) berpusat pada pembelajaran, (5) tujuan pembelajaran, (6) penguatan positif, (7) memantau kemajuan, (8) hak dan kewajiban peserta didik, (9) hubungan sekolah dengan masyarakat, dan (10) organisasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dengan menggunakan formulasi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan profesional berada pada kategori sangat baik, (2) visi dan tujuan bersama berada pada kategori sangat baik, (3) lingkungan belajar berada pada kategori sangat baik, (4) berpusat pada pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (5) tujuan pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (6) penguatan positif berada pada kategori baik, (7) memantau kemajuan berada pada kategori sangat baik, (8) hak dan kewajiban peserta didik berada pada kategori baik, (9) hubungan sekolah dengan masyarakat berada pada kategori sangat baik, dan (10) organisasi pembelajaran berada pada kategori baik. Kata kunci: sekolah efektif, kepemimpinan, organisasi pembelajaran.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011