Penulis / NIM
HIDRAYANA T. / 708513004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
T., HIDRAYANA. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Hasil Observasi di SMA Negeri 1 Limboto Barat. Pembimbing I: Dr. Salam, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II: Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
ABSTRAK
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi tentang kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat. Secara khusus penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkungan, (2) mendeskripsikan efektivitas penggunaan media lingkungan terhadap kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi di SMA Negeri 1 Limboto Barat, dan (3) menguraikan secara komprehensif kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi setelah menggunakan media lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Selain itu, data penelitian diperoleh melalui observasi (pengamatan), tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan SPSS untuk uji efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat terdiri atas tiga proses, yaitu (a) Perencanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi yang dirancang oleh guru telah memenuhi komponen penyususunan RPP yang sesuai dengan Kurikulum 2013, (b) Pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (c) Penilaian yang dilakukan oleh guru yaitu dengan penilaian pengetahuan yang dinilai guru yaitu dengan tanya jawab yang dilakukan dengan siswa dan penilaian keterampilan yang dinilai guru dari hasil menulis teks laporan hasil observasi; (2) Lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran, efektif diterapkan dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat. Hal ini dibuktikan dari adanya perbedaan yang signifikan antara pengajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan menggunakan media lingkungan; (3) Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan pengamatan langsung siswa Kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat, diperoleh nilai rata-rata 75, yang berada pada kategori kemampuan yakni mampu. Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkungan dari aspek isi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat memperoleh nilai rata-rata 86 yang berada pada kategori sangat mampu.
Kata Kunci: efektivitas, media lingkungan, kemampuan, menulis, teks laporan
T., HIDRAYANA. 2020. The Effectiveness of Using Environmental Media as a Learning Source for Students' Ability to Write Text from Observations at SMA Negeri 1 Limboto Barat. Advisor I: Dr. Salam, S.Pd., M.Pd., and Supervisor II: Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd. Indonesian Language Education Study Program, Postgraduate Program at Gorontalo State University.
ABSTRACT
In general, this study aims to describe and obtain information about the students' ability to write a text report on the results of observations in Indonesian class X SMA Negeri 1 Limboto Barat subject. Specifically, this research aims: (1) describe the implementation of learning to write observation report text using environmental media, (2) describe the effectiveness of using environmental media on students' ability to write observation report text at SMA Negeri 1 Limboto Barat, and (3) describe comprehensively the ability of students to write the text of the observation report after using environmental media. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The form of research used in this study is a quasi experimental design with a nonequivalent control group design. In this design, neither the experimental group nor the control group were chosen randomly. In addition, the research data were obtained through observation, tests, interviews, and documentation studies. The research data were analyzed using SPSS for effectiveness testing. The results of this study indicate that: (1) The learning of writing observation report text in class X SMA Negeri 1 Limboto Barat consists of three processes, namely (a) Planning for learning to write text on observation reports designed by the teacher has fulfilled the components of RPP compilation in accordance with the 2013 Curriculum, (b) The implementation of learning consists of preliminary activities, core activities, and closing activities, (c) The assessment is carried out by the teacher, namely the assessment of knowledge assessed by the teacher, namely by question and answer conducted with students and assessment of the skills being assessed the teacher from the results of writing the text of the observation report; (2) The school environment as a learning resource in learning is effectively applied in writing the text of the observation report of class X SMA Negeri 1 Limboto Barat. This is evidenced by the existence of a significant difference between teaching writing text reports on the results of observations using the school environment as a learning resource using environmental media; (3) The ability to write the text of the observation report based on direct observation of the students of Class X SMA Negeri 1 Limboto Barat, obtained an average value of 75, which is in the ability category, namely capable. The ability to write text on observation reports using environmental media from the aspect of content of Class X students of SMA Negeri 1 Limboto Barat obtained an average score of 86 who are in the very capable category.
Keywords: effectiveness, environmental media, ability, writing, report text
Download berkas