SKRIPSI

Penulis / NIM
SUPRIYATI / 708515007
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HERMAN DIDIPU, S.Pd., M.Pd. / 0011018301
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK SUPRIYATI. 2020. Tindak Tutur Konstantif dalam Interaksi Tokoh Film Suara dari Pesisir disutradarai oleh Susilo Raharjo dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Tesis. Program Pendidikan Bahasa Indonesia. Pembimbing : Dr.Herman Didipu, S.Pd.,M.Pd dan Dr. Muslimin, S.Pd,.M.Pd. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan jenis tindak tutur konstantif dalam interaksi tokoh film Suara dari Pesisir disutradarai oleh Susilo Raharjo, (2) mendeskripsikan fungsi tindak tutur konstantif dalam interaksi tokoh film Suara dari Pesisir yang disutradarai oleh Susilo Raharjo, (3) mendeskripsikan implikasi tindak tutur konstantif dalam interaksi film Suara dari Pesisir pada pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Prosedur penelitian dilakukan secara bertahap, mulai dari tahap persiapan, tahap analisis data, dan tahap akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Adapun langkah-langkah pengumpulan data yaitu: 1) menyimak penggunaan bahasa berupa tuturan tokoh dalam film, 2) mentranskripkan percakapan dalam film ke dalam bentuk tulisan, 3) mencocokkan transkrip dialog yang telah dibuat dengan ucapan tokoh dalam film, 4) membaca transkrip dialog untuk menemukan tuturan konstantif, 5) mencatat semua tuturan yang mengandung tuturan konstantif ke dalam tabel klasifikasi data, dan 6) mengklasifikasikan data menurut jenis dan fungsi tindak tutur konstantif dalam tabel klasifikasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu (PUP) sebagai teknik dasar dan teknik hubung banding menyamakan (HBS) sebagai teknik lanjutan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode padan referensial dan metode padan pragmatis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan 12 jenis tindak tutur konstantif, yaitu tindak tutur asertif, tindak tutur prediktif, tindak tutur deskriptif, tindak tutur informatif, tindak tutur konfirmatif, tindak tutur konsesif, tindak tutur retraktif, tindak tutur asentif, tindaka tutur dissentif, tindak tutur disputative, tindak tutur responsif, dan tindak tutur sugestif. Fungsi tindak tutur konstantif yang ditemukan dalam penelitian ini sebanyak 39 data. Jenis tindak tutur yang paling banyak digunakan dalam film Suara dari Pesisir adalah tindak tutur responsive dengan fungsi menjawab yaitu sebanyak 9 data. Penelitian ini memiliki implikasi (keterkaitan) dengan kegiatan pembelajaran di sekolah. Film dapat dijadikan media pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, khususnya di tingkat SMP kelas VIII semester genap. Sebagai media pembelajaran, film dan transkrip film dapat diimplikasikan pada kegiatan belajar KD 3.12. menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca. KD 4.12 menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll) dalam jenis teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan. Kata kunci : tindak tutur konstantif, film, impikasi pembelajaran ABSTRACT SUPRIYATI. 2020. Constantive Speech Actions in the Interaction of Voice of the Coastal Movie Character, directed by Susilo Raharjo and Its Implications in Learning. Thesis. Indonesian Language Education Program. Advisors: Dr. Herman Didipu, S.Pd., M.Pd and Dr. Muslimin, S.Pd, .M.Pd. The objectives of this study are (1) to describe the types of constantive speech acts in the interaction of the characters in the film Suara dari Pesisir directed by Susilo Raharjo, (2) to describe the function of constantive speech acts in the interactions of the characters in the film Suara dari Pesisir directed by Susilo Raharjo, (3) describe the implications Constant speech acts in the interaction of the film Voices from the Coast on learning at school. The method used in this study is a qualitative method. The research procedure was carried out in stages, starting from the preparation stage, the data analysis stage, and the final stage. The data collection technique used in this study was the Speaking Free Speaking Technique (SBLC). The data collection steps namely: 1) listening to the use of language in the form of the speech of characters in the film, 2) transcribing the conversations in the film into written form, 3) matching the dialogue transcripts that have been made with the words of the characters in the film, 4) reading the dialogue transcripts to find constant speech, 5) record all utterances containing constantive speech into the data classification table, and 6) classify the data according to the type and function of the constantive speech acts in the data classification table. The data analysis technique used is the determinant element sorting technique (PUP) as a basic technique and the equalization link technique (HBS) as an advanced technique. The methods used are referential matching methods and pragmatic matching methods. Based on the research that has been done, the researcher found 12 types of constantive speech acts, namely assertive speech acts, predictive speech acts, descriptive speech acts, informative speech acts, confirmative speech acts, consesive speech acts, retractive speech acts, incentive speech acts, dissentive speech acts. , disputative speech acts, responsive speech acts, and suggestive speech acts. The function of constant speech acts found in this study were 39 data. The type of speech act that is most widely used in the film Suara dari Pesisir is a responsive speech act with the answer function of 9 data. This research has implications (linkages) with learning activities in schools. Films can be used as a medium for learning Indonesian in schools, especially at the SMP level for grade VIII even semester. As learning media, films and film transcripts can be implicated in learning activities KD 3.12. examines the structure and language of the text reviews (films, short stories, poetry, novels, and regional artworks) that are heard and read. KD 4.12 presents responses about the quality of works (films, short stories, poetry, novels, regional artworks, etc.) in the type of text reviews verbally and in writing by paying attention to structure, linguistic elements, or oral aspects. Keywords: constantive speech acts, film, learning dreams
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011