SKRIPSI

Penulis / NIM
MEILINA WIDYA DALI / 708517005
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK Meilina Widya Dali, 2019 ����¯�¿�½�..."Pengaruh Metode Multiliterasi Investigasi dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar MengonstruksiTeks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Posigadan����¯�¿�½���. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Hj Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. Asna Ntelu, M.Hum. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni: (1) bagaimanakah perbedaan hasil belajar mengonstruksi teks eksplanasi antara siswa yang dibelajarkan dengan metode multiliterasi investigasi dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional? (2) bagaimanakah perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode multiliterasi investigasi dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional untuk siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah? (3) bagaimanakah pengaruh metode multiliterasi investigasi dan kemampuan awal terhadap hasil belajar mengonstruksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri Posigadan?. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain faktorial (factorial design) yang dikategorikan sebagai desain faktorial 2 x 2 Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes keterampilan. Teknik analisis data terdiri atas prosedur, (1) analisis statistik deskriptif, (2) analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan:(1)hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode multiliterasi investigasi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Siswa dibelajarkan dengan metode multilterasi investigasi memperoleh nilai rata-rata 79, sedangkan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional memperoleh nilai rata-rata 62,81, (2) rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan metode multiliterasi investigasi 78 tidak jauh berbeda dengan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan metode konvensional sebesar 75. Begitu pula dengan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan metode multiliterasi investigasi sebesar 52,81 tidak jauh berbeda dengan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan metode konvensional sebesar 46,94, (3) berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis diperoleh diketahui nilai p-value pada interaksi metode multiliterasi investigasi dan kemampuan awal menunjukkan nilai 0,007 atau kurang dari ������± = 5%. Sehingga tolak H0 dan terima H1. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh antara metode multiliterasi investigasi dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa. Kata-kata Kunci: Pengaruh multiliterasi investigasi, kemampuan awal,hasil belajar, mengonstruksi teks eksplanasi ABSTRACT Meilina Widya Dali, 2019 "The Influence of Multiliterative Investigation Methods and Initial Ability on Learning Outcomes in Constructing Explanatory Text in Class XI Students of SMA Negeri Posigadan". Indonesian Language Education Master Program, Postgraduate Program, Gorontalo State University. Advisor I, Prof. Dr. Hj Sayama Malabar, M.Pd, and Supervisor II, Dr. Asna Ntelu, M.Hum. The problems raised in this research are: (1) how are the differences in learning outcomes in constructing explanatory text between students who are taught using the multiliterative investigative method and students who are taught using conventional methods? (2) how are the differences in student learning outcomes taught by the multiliterative investigative method and students who are taught using conventional methods for students who have high initial abilities and low initial abilities? (3) how is the effect of the multiliterative investigation method and initial ability on learning outcomes in constructing explanatory text in class XI SMA Negeri Posigadan? The method used is an experimental method. This research design is a factorial design (factorial design) which is categorized as a 2 x 2 factorial design Data collection techniques in this study through observation, interviews, skills tests. The data analysis technique consisted of procedures, (1) descriptive statistical analysis, (2) inferential statistical analysis. The results showed: (1) the learning outcomes of students who were taught using the multiliterative investigation method were higher than those taught by conventional methods. Students taught with the multiliteration investigation method obtained an average score of 79, while students who were taught using conventional methods obtained an average score of 62.81, (2) the average learning outcomes of students who had high initial abilities were taught using the multiliterative investigation method 78 not much different from the average learning outcomes of students who have high initial abilities who are taught using conventional methods of 75. Likewise, the average learning outcomes of students who have low initial abilities who are taught by the multiliterative investigative method are 52.81 not much different with the average learning outcomes of students who have low initial abilities who were taught using conventional methods of 46.94, (3) based on the results of the research that has been analyzed, it is known that the p-value in the interaction of the multiliterative investigation method and initial ability shows a value of 0.007 or less. from ������± = 5%. So reject H0 and accept H1. This means that there is an influence between the multiliterative method of investigation and initial ability on student learning outcomes. Keywords: The effect of multiliterative investigation, initial ability, learning outcomes, construct explanatory text
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011