SKRIPSI

Penulis / NIM
NURAIN SETIAWAN HASANIA / 708518002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK Nurain Setiawan Hasania. 2021. Metafora Bahasa Gorontalo dan Manfaatnya dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Muatan Lokal di Sekolah Dasar. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Dakia Djou, M.Hum. pembimbing II: Dr. Asna Ntelu, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang: (i) jenis metafora bahasa Gorontalo, dan (ii) manfaat metafora dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) muatan lokal bahasa Gorontalo di sekolah dasar. Penelitian ini bermanfaat secara teoretis: (1) memberikan sumbangan kajian kebahasaan bahasa Gorontalo, (2) memperkaya dan menambah khasanah data kebahasaan bahasa Gorontalo, khususnya dalam aspek metafora. Secara aplikatif: (1) hasil penelitian ini dimanfaatkan dalam penyusunan RPP muatan lokal bahasa Gorontalo di sekolah dasar, dan (2) metafora bahasa Gorontalo memperkaya khasanah materi pembelajaran muatan lokal di sekolah dasar. Pendekatan kualitatif diterapkan dalam penelitian ini yang dioperasionalkan dengan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini terdiri atas tiga genre, yakni cerita, puisi, dan lagu daerah Gorontalo. Setiap jenis data ditandai dengan pola: teks ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½..."Sipati lo Nabi����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������ dengan kode C-SN dan teks ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½..."Me����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½������¯������¿������½eraji����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������ dengan kode C-Me. Untuk teks puisi lisan, digunakan teks ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½..."Tuja����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½������¯������¿������½i����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������ dengan kode PL-T, ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½..."Leningo����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������ dengan kode PL-L, dan ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½..."Taleningo����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������ dengan kode PL-Ta. Teks yang terakhir adalah syair lagu daerah berbahasa Gorontalo dengan kode SLD, baik pop maupun dangdut. Peneliti menerapkan empat teknik pengumpulan data, yaitu: teknik dokumentasi, teknik bacaan, teknik simak, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, metafora dalam bahasa Gorontalo terdiri atas lima jenis, yaitu metafora bercitra antrofomorfik, metafora bercitra hewani, metafora bercitra abstrak ke konkret, metafora bercitra konkret ke abstrak, dan metafora sinestesia. Kedua, Metafora bahasa Gorontalo bermanfaat dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran muatan lokal bahasa Gorontalo di sekolah dasar. Manfaatannya dilakukan pada KD: memahami teks cerita rakyat Gorontalo (kelas 4 semster 1), KD: memahami berbagai cerita rakyat (dongeng, fabel, mitos) Gorontalo yang mengandung nilai-nilai budi pekerti (kelas 5 semester 1), dan KD: memahami syair lagu berbahasa Gorontalo (kelas 6 semester 2). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahasa Gorontalo memiliki kekayaan metafora yang berlimpah berdasarkan jenisnya serta bermanfaat dalam penyusunan RPP muatan lokal bahasa Gorontalo di sekolah dasar. Kata Kunci: metafora, bahasa Gorontalo,muatan lokal
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011