Penulis / NIM
OKTAVIANTI MAWARTININGSIH DARUSSALAM / 708518005
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
MODEL MEDIA PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS KONTEKSTUAL
(Penelitian Pengembangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Kotamobagu)
OKTAVIANTI MAWARTININGSIH DARUSSALAM
e-mail: oktaviantidarussalam28@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model media pembelajaran drama berbasis kontekstual yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas XI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi bermain drama di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Pengembangan media pembelajaran drama ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D dan Four D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Siswa membutuhkan model pembelajaran secara langsung di lapangan dan bukan hanya fokus belajar di dalam kelas, media yang digunakan selama ini kurang menarik, tidak pernah membuat project yang diciptakan oleh siswa, siswa membutuhkan media belajar (ii) Media pembelajaran yang saat ini digunakan belum maksimal untuk meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini terkait dengan pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan) sehingga siswa sulit memahami penjelasan dari guru karena kendala jaringan yang tidak stabil, masih sulit menyesuaikan pembelajaran tidak tatap muka. Mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk materi bermain drama termasuk mata pelajaran praktik, namun, hal ini tidak terpenuhi di dalam proses pembelajaran bermain drama yang sementara digunakan (iii) Pembelajaran bermain drama berbasis kontekstual menuntun kemampuan siswa untuk mampu menciptakan karya, selain penguasaan konsep dan strategi pemahaman bermain drama siswa secara teoritik harus mampu mengimplementasikan pengetahuan tersebut berupa keterampilan melakoni drama kemudian dibuat sebuah film pendek sesuai dengan kenyataan di lapangan (iv) Hasil telaah dan penilaian pakar media pembelajaran drama sangat layak digunakan dengan rerata penilaian 4.24. Penerapan model media pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil pembelajaran materi bermain drama kelas XI di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Hal ini dilihat dari tes statistik menggunakan uji Mann Whitney hasil belajar pada kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen nilai Asymo.sig.(2-tailed) sebesar 0.001, maka dapat simpulkan bahwa lebih kecil dari 0.05 artinya Ho ditolak.
Download berkas