Penulis / NIM
LEVISIA LULUK / 708518007
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Levisia Luluk. 2022. Karakter Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter novel Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata karya Pitoyo Amrih .Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I, Prof Dr. H. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum. Pembimbing II, Dr. Muslimin, M.Pd.
Psikologi merupakan suatu ilmu yang menekankan tingkah laku atau aktivitas-aktivitas sebagai manifestasi kehidupan jiwa. Psikologi sastra yaitu menekankan perhatian pada unsur-unsur kejiwaan tokoh-tokoh fiksional yang terkandung dalam karya sastra. Psikoanalisis merupakan salah satu aliran utama ilmu psikologi kepribadian yang berhubungan dengan karya sastra.
Penerapan dengan pendekatan Psikoloanalisis dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menelusuri bentuk karakteristik para tokoh serta nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata karya Pitoyo Amrih. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan struktur pembangun teks novel Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata Karya Pitoyo Amrih; (2) Mendeskripsikan karakter tokoh dalam novel Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata Karya Pitoyo Amrih; (3) nilai pendidikan Karakter dalam novel Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata Karya Pitoyo Amrih.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Data penelitian berupa kutipan teks yang berwujud kata, frasa, ungkapan atau kalimat yang ada pada novel Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata Karya Pitoyo Amrih. Teknik pengumpulan data dengan langkah-langkah yaitu membaca, mengidentifikasi dan pencatatan, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan (1) mengidentifikasi; (2) mengklasifikasi; (3) menganalisis; (4) mendeskripsikan; (5) menyimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk karakter tokoh dalam novel Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata Karya Pitoyo Amrih adalah para tokoh-tokoh yang dianggap penting. Namun, yang menjadi pusat utama penceritaan adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup Bisma Dewabrata. Wujud nilai pendidikan karakter dalam novel PSBD Karya Pitoyo Amrih yaitu terdapat 16 nilai pendidikan karakter dari 18 nilai. Nilai-nilai yang hendak diinternalisasikan melalui pendidikan karakter yaitu: (1) religius; (2) jujur; (3) toleransi; (4) disiplin; (5) kerja keras; (6) mandiri; (7) demokratis; (8) rasa ingin tahu; (9) semangat kebangsaan; (10) cinta tanah air; (11) menghargai prestasi; (12) persahabatan/komunikatif; (13) cinta damai; (14) peduli lingkungan; (15) peduli sosial; (16) tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bentuk dari karakteristik para tokoh dalam novel novel Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata Karya Pitoyo Amrih akan menggambarkah wujud dari bentuk nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diterapkan atau diajarkan kepada pembaca atau kepada peserta didik, sebgaia bahan ajar di sekolah.
Kata-kata kunci: nilai pendidikan karakter ,novel, Perjalanan Sunyi
Download berkas