Penulis / NIM
FATMIN LAMATENGGO / 708519003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK
Fatmin Lamatenggo. 2022. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Dr. Asna Ntelu, M.Hum., Pembimbing II, Dr. Salam, S.Pd., M.Pd.
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) merupakan model pembelajararan yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru, berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan (1) bagaimana penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula, (2) apa saja faktor-faktor penghambat penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula, (3) bagaimana solusi pemecahan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, tes kemampuan, wawancara, dan dokumentasi. Aspek yang menjadi fokus penelitian ini mencakup (1) penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula dilakukan melalui 3 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) faktor-faktor penghambat penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula ditemukan beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, (3) solusi pemecahan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran project based learning dan media (1) perlu dilakukan workshop tentang model pembelajaran PJBL, (2) mempersiapkan estimasi waktu yang cukup (3) akses referensi yang memadai, (4) objek yang memadai, (5) motivasi pentingya publick speaking, (6) menyadarkan pentingnya team work
Kata-kata kunci: Penerapan, model pembelajaran, project based learning, laporan hasil observasi.
Download berkas