SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMIN LAMATENGGO / 708519003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK Fatmin Lamatenggo. 2022. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Dr. Asna Ntelu, M.Hum., Pembimbing II, Dr. Salam, S.Pd., M.Pd. Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) merupakan model pembelajararan yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru, berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan (1) bagaimana penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula, (2) apa saja faktor-faktor penghambat penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula, (3) bagaimana solusi pemecahan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, tes kemampuan, wawancara, dan dokumentasi. Aspek yang menjadi fokus penelitian ini mencakup (1) penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula dilakukan melalui 3 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) faktor-faktor penghambat penerapan model pembelajaran project based learning dan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Tolinggula ditemukan beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, (3) solusi pemecahan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran project based learning dan media (1) perlu dilakukan workshop tentang model pembelajaran PJBL, (2) mempersiapkan estimasi waktu yang cukup (3) akses referensi yang memadai, (4) objek yang memadai, (5) motivasi pentingya publick speaking, (6) menyadarkan pentingnya team work Kata-kata kunci: Penerapan, model pembelajaran, project based learning, laporan hasil observasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011