Penulis / NIM
HASNA HARUN / 708519005
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK
Hasna Harun. 2022. Rancangan Model Pembelajaran Teks Eksplanasi di Masa Pandemi dengan Menggunakan Media Pembelajaran Powtoon (Penelitian Pengembangan pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo). Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd.; Pembimbing II: Dr. Salam, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: (i) deskripsi kebutuhan model pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan media pembelajaran powtoon, (ii) deskripsi model pembelajaran teks eksplanasi yang digunakan saat ini, (iii) desain model pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan media pembelajaran powtoon, dan (iv) kelayakan model pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan media pembelajaran powtoon. Manfaat penelitian yaitu (i) secara teoritis: menambah pengetahuan dan bahan informasi tentang teks eksplanasi dengan menggunakan media pembelajaran powtoon; (ii) praktis: digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran berbasis media pembelajaran powtoon.
Pendekatan kualitatif dan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini melalui metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur dalam pengembangan media pembelajaran menghasilkan sebuah produk mengacu kepada model pengembangan model pembelajaran Dick and Carey. Jenis data dari keseluruhan uji coba berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif merupakan penilaian, tanggapan, saran-saran, dan angket yang diperoleh dari hasil wawancara dengan dosen, angket uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, dan dari guru bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara, angket, dan catatan lapangan. Kegiatan analisis data dalam penelitian ini dipilah menjadi dua, yakni (a) analisis data dari praktisi dan ahli/pakar, dan (b) analisis data saat uji coba produk. Kegiatan analisis data dari praktisi dan ahli/pakar dilakukan dengan teknik analisis domain.
Hasil penelitian menunjukkan: pertama, kebutuhan guru dan peserta didik terhadap model pembelajaran teks eksplanasi berbasis media pembelajaran powtoon sangat tinggi, sebab kondisi pembelajaran yang tidak memungkinkan dilaksanakan secara tatap muka. Kedua, model pembelajaran daring yang sedang dilaksanakan selama masa pandemik yaitu pembelajaran yang menggunakan aplikasi zoom, google.meet, dan classroom. Model ini dipandang belum membangkitkan minat belajar peserta didik secara aktif secara daring sehingga dibutuhkan penggunaan media pembelajaran powtoon. Ketiga, kelayakan model pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan media pembelajaran powtoon dalam tiga aspek yakni kesesuaian isi, konten dan aspek tampilan berada pada kriteria sangat valid, baik yang dinilai oleh pakar maupun teman sejawat/praktisi.
Kata Kunci: pengembangan model, teks eksplanasi, media powtoon
Download berkas