SKRIPSI

Penulis / NIM
ASRARIA / 708519007
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Asraria. 2022. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Prof. Dr. Sayama Malabar, M. Pd., Pembimbing II, Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd. Pembelajaran yang tidak dirancang dan dikembangkan dengan baik kurang memberikan motivasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir, dan kreativitas peserta didik. Untuk itu, diperlukan proses yang sistematik dalam mengembangkan desain pembelajaran yang memudahkan guru melaksanakan pembelajaran secara sistematis, terarah, dan bernilai. Atas dasar itulah, maka dilakukan penelitian tentang Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Pidato Persuasif pada Peserta Didik Kelas IX MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks pidato persuasif yang digunakan guru, model desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks pidato persuasif berbasis pendekatan kooperatif tipe snowball throwing dan think-talk-write, dan kualitas model desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks pidato persuasif berbasis pendekatan kooperatif tipe snowball throwing dan think-talk-write pada peserta didik kelas IX MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Adapun teori yang melandasi penelitian pengembangan ini yaitu teori Pengembangan Model oleh Sugiyono (2019), (2) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Permendikbud no. 22 tahun 2016, (3) Teks Pidato Persuasif menurut Waluyo (2018), (4) Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing menurut Kurniasih & Sani (dalam Melia dan Efendi, 2019), dan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write oleh Huinker dan Laughlin (dalam Huda, 2019). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo selama 7 (tujuh) bulan, yakni dimulai dari bulan Juli 2021 s.d. Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D), yang prosedurnya dimodifikasi menjadi tiga bagian, yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), dan (3) develop (pengembangan). Pengumpulan data dilakukan melalui dokumen dan angket. Hasilnya dianalisis dengan dua cara, yakni analisis data dari ahli/praktisi dan analisis data hasil uji coba produk, dengan teknik analisis deksriptif kualitatif dan kuantitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) teks pidato persuasif yang digunakan guru belum sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan, (2) model desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) teks pidato persuasif dirancang dengan tiga komponen utama, yakni penyajian RPP, sintak pembelajaran yang dipilih, dan penggunaan bahasa, (3) kelayakan model desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) teks pidato persuasif, secara umum berada pada kategori sangat baik/valid dan sangat layak untuk digunakan. Secara keseluruhan, simpulan penelitian ini yakni produk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) teks pidato persuasif berbasis pendekatan kooperatif tipe snowball throwing dan think-talk-write pada peserta didik kelas IX MTs Negeri 1 Kota Gorontalo yang dikembangkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik menelaah struktur dan ciri kebahasaan, serta menuangkan gagasan ke dalam teks pidato persuasif. Kata-kata kunci: pengembangan RPP, pidato persuasif, pendekatan kooperatif, snowball throwing, think talk write
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011