Penulis / NIM
YUDIANSYAH MBANI / 708519008
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK
Yudiansyah Mbani. 2022. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Prof. Dr. Mohamad Karmin Baruadi, M.Hum., Pembimbing II, Dr. Salam, S.Pd., M.Pd.
Pengembangan model materi ajar bahasa Indonesia berbasis teks cerita rakyat Gorontalo adalah memperbarui produk dalam hal ini materi ajar yang sebelumnya telah ada, menjadi materi ajar dengan mempertimbangkan kesesuaian antara kompetensi dasar pembelajaran, indikator pembelajaran dan lingkungan peserta didik. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kebutuhan model materi ajar bahasa Indonesia berbasis teks cerita rakyat Gorontalo bagi peserta didik dan guru, (2) mendeskripsikan model materi ajar bahasa Indonesia yang digunakan peserta didik dan guru saat ini, (3) merancang desain materi ajar bahasa Indonesia berbasis teks cerita rakyat Gorontalo sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru, dan (4) mengetahui kelayakan materi ajar bahasa Indonesia berbasis teks cerita rakyat Gorontalo menurut penilaian pakar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Dick & Carey dengan tahapan penelitian yakni (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis instruksional, (3) menganalisis karakteristik peserta didik dan konteks pembelajaran, (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar, (8) merancang dan mengembangkan evaluasi formatif, (9)melakukan revisi terhadap program pembelajaran, (10) merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif.
Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan catatan lapangan. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitaf. Aspek yang dinilai pada pengembangan model materi ajar yang dikembangkan mencakup (1) penilaian materi ajar pada aspek kelayakan isi, (2) penilaian materi ajar pada aspek kelayakan konten, dan (3) penilaian materi ajar pada aspek tampilan. Hasil uji kelayakan sesuai komponen di atas adalah (1) aspek kelayakan isi berada pada kriteria sangat valid dengan skor 83,75%, (2) aspek kelayakan konten berada pada kriteria cukup valid dengan skor 77,5% , dan (3) aspek tampilan berada pada kriteria sangat valid dengan skor 85%. Sejalan dengan hasil penelitian di atas, produk pengembangan materi ajar bahasa Indonesia berbasis teks cerita rakyat Gorontalo layak untuk digunakan
Kata-kata kunci: Pengembangan, model materi ajar, berbasis, cerita rakyat Gorontalo.
Download berkas