Penulis / NIM
MEY S. MOBILINGO / 708520006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK
Mey S. Mobilingo. 2023. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Dr. Fatma AR. Umar, M.Pd., Pembimbing II, Dr. Siti Rachmi Masie, S,Pd., M.Pd.
Menulis teks biografi mempunyai arti menuliskan riwayat seorang tokoh. Untuk menulis riwayat seorang tokoh perlu dilakukannya pencairan informasi, baik dari media elektronik, cetak, bahkan mewawancarai tokoh yang bersangkutan. Mengetahui tokoh-tokoh bersejarah tentu sangat penting bagi siswa. Jadi siswa sambil belajar siswa juga mengenal tokoh-tokoh bersejarah yang sudah ada dengan baik. Untuk melihat hasil yang baik maka siswa diberi pendekatan whole language.
Berkaitan dengan hal tersebut masalah yang di angkat dalam penelitian yaitu (1) Bagaimana pengaruh hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam menulis teks biografi sebelum menggunakan pendekatan whole language (2) Bagaimana pengaruh hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam menulis teks biografi sesudah menggunakan pendekatan whole language (3) Bagaimanakah pengaruh whole languge terhadap hasil belajar dan motivasi belajar dalam menulis teks biografi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo Utara. Sesuai indikator yang harus dicapai (1) Mendata pokok-pokok informasi, (2) Menganalisis kebahasaan dalam teks boigrafi, (3) Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi, antara lain, perjalanan pendidikan, karier, dan perjuangan. (4) Memberikan tanggapan Secara lisan terhadap isi teks. Teknik pengumpulan data, yaitu uji normalitas data, setelah itu uji homogenitas varian, kemudian pengujian hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh dari pree test dan post test yaitu pree test sebesar 65,97 dan post test 85.03 Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat interaksi antara hasil belajar dan motivasi belajar memiliki kaitan yang saling berpengaruh, hasil belajar dan motivasi belajar tidak dapat berdiri sendiri sendiri secara independent, sehingga ketepatan dalam memilih pendekatan pembelajaran mempengaruhi secara signifikan dalam menulis teks biografi.
Kata kunci: Pendekatan Whole Language, Hasil Belajar, dan Motivasi Belajar
Download berkas