Penulis / NIM
LIUS DJAILANI / 709518012
Program Studi
S2 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUPRIYO IMRAN, SP, M.Si / 0030097508
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUHAMMAD MUKHTAR, S.Pt, M.Agr, Sc / 0026087104
Abstrak
ABSTRAK
LIUS DJAILANI. 709518012. 2020. Efisiensi Saluran Pemasaran Sapi Potong Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Agribisnis, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Supriyo Imran dan Muhammad Mukhtar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran sapi potong pada masa pandemi covid-19. Margin dan keuntungan tiap lembaga pemasaran Saluran pemasaran yang paling efisien. Penelitain ini di laksanakan di Kecamatan Asparaga, Tolangohula, Boliyohuto, Mootilango, dan di Kecamatan Pulubala, pada bulan September sampai November 2020. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran sebelum pandemi dan pada masa pandemi terdapat 2 (Dua) saluran pemasaran yang secara langsung dan 3 (Tiga) saluran yang tidak secara langsung. Margin Sebelum masa pandemi yaitu Saluran I Rp.0, saluran II Rp. 1.500.000, saluran III Rp. 5.000.000, saluran IV Rp. 2.500.000, saluran V Rp. 2.000.000. Sedangkan pada masa pandemi yaitu saluran I Rp.0, saluran II Rp. 3.000.000, saluran III Rp. 6.000.000, saluran IV Rp. 4.000.000, saluran V Rp. 4.000.000. Tingkat efisiensi pemasaran baik sebelum masa pandemi adalah tipe saluran I dengan nilai 0,41%. Selanjutnya Saluran Pemasaran V dengan nilai 0.62% Tipe saluran pemasaran II, III dan IV merupakan saluran yang tidak efisien dengan nilai 7,0 %, 4,12% dan 2,95%. Sementara pada masa pandemi saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran tipe I yakni 0,5%, dan saluran pemasaran V yakni 0,05%, ada tiga tipe saluran pemasaran yang tidak efisien pada masa pandemi yaitu tipe saluran II, III, dan IV yakni 3,43%, 4,12% dan 1,25%.
Kata Kunci : Saluran pemasaran, Margin, Keuntungan, Efisiensi, Covid-19
Download berkas