Penulis / NIM
PUTRI OCTAVIA BACHMID / 709518017
Program Studi
S2 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPRIYO IMRAN, SP, M.Si / 0030097508
Abstrak
ABSTRAK
Putri Octavia Bachmid. 709518017. 2021. Analisis nilai tambah dan Sistem Pemasaran Produk Olahan Jagung pada UMKM Kinamang di Desa Helumo Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Tesis Program Studi S2 Agribisnis, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan bapak Syarwani Canon dan Supriyo Imran
Penelitian bertujuan untuk menganalisis (1) sistem pemasaran produk olahan jagung pada UMKM Kinamang di Desa Helumo Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. (2) nilai tambah dari produk olahan jagung pada UMKM Kinamang di Desa Helumo Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. (3) faktor-faktor yang berpengaruh pada produksi produk olahan jagung pada UMKM Kinamang di Desa Helumo Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yakni data primer melalui wawancara dan lembar observasi. Analisis data yakni analisis pemasaran, nilai tambah dan regresi berganda pendekatan Cobb Douglas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Sistem pemasaran produk olahan jagung pada UMKM Kinamang di Desa Helumo Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango cenderung baik karena memiliki 2 jenis saluran pemasaran yang efisien dan nilai margin pemasaran yang tidak begitu besar yang artinya UMKM Kinamang mampu untuk memberikan intervensi pada sistem pemasaran baik secara langsung maupun tidak langsung (menggunakan reseller). (2) Produk olahan jagung (stik jagung) yang memiliki rata-rata nilai tambah sebesar 66,31% yang artinya secara kompetitif produk olahan jagung ini mampu memberikan kontribusi bagi keberlangsungan usaha dan peningkatan nilai tambah ekonomis bagi UMKM Kinamang di Desa Helumo Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. (3) Secara parsial dan serempak biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik (BOP) dan biaya bahan baku berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat produksi produk olahan jagung pada UMKM Kinamang di Desa Helumo Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci: Olahan Jagung, Nilai Tambah, Produksi, Pemasaran
Download berkas