Penulis / NIM
HERMAN HUSNAN / 711520016
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, SPd, M.Si / 0028097104
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SRI YULIANTY MOZIN, S.T., MPA / 0006077509
Abstrak
ABSTRAK
Herman Husnan, NIM.711520016, 2022. I Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buol. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Irawaty Igirisa, M.Si dan Dr. Sri Yulianty Mozin. S.T., M.PA.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan : 1). Kualitas pelayanan publik pada Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kabupaten Buol yang dikaji dari: a). Tangibel, b). Empathy, c). Reliability, d). Responsiveness, e). Assurance. 2). Faktor determinan kualitas pelayanan publik pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buol, yang dikaji dari: a). Organisasi, b). Interprestasi, c). Penerapan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, lokasi penelitian adalah di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buol. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan data kualitatif berdasarkan konsep Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas pelayanan publik pada Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi di Kabupaten Buol yang dikaji dari: tangibles (bukti langsung), Empathy (empati), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), dan Assurance (jaminan) dinilai sudah baik. Namun pada dimensi tangibles (bukti langsung masih kurang optimal. Karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi khususnya bidang Ketenagakerjaan. Adapun faktor Determinan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kabupaten Buol yang dikaji dari: a). Organisasi, b). Interprestasi, dan c). Penerapan telah dilaksanakan namun belum optimal. Karena terbatasnya jumlah SDM, serta kompetensi yang dimiliki, masih terjadi tumpang tindih kewenangan, pada tahap Interprestasi kurang optimal karena kurangnya komunikasi dan keterbukaan informasi, serta pada tahap Penerapan menjadi kurang optimal karena keterbatasan sumber daya dan sumber anggaran dalam mengoptimakan pelaksanaaan program-program yang ada pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buol.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan
Download berkas